PONOROGO – Keinginan masyarakat bersama Pemerintah Desa Kupuk untuk menjadi juara lomba desa se Jatim 2016, tinggal selangkah lagi. Pasalnya Desa Kupuk sudah masuk empat besar lomba antar desa se Jatim tersebut. Bukan tidak mudah langkah Desa Kupuk bisa menjadi Wakil Kabupaten Ponorogo dalam lomba desa tahun ini. Berbagai tahapan telah dilalui Desa Kupuk untuk menuju puncak juara. 

 

    Setelah melalui perjuangan berat akhirnya Desa Kupuk, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jatim akhirnya mampu menjadi juara pertama dalam lomba desa se-Kabupaten Ponorogo tahun 2016. Karena prestasi gemilang itu, maka Desa Kupuk berhak mewakili Kabupaten Ponorogo maju ke tingkat Provinsi. Ternyata diluar dugaan, akhirnya Desa Kupuk bisa masuk ke empat besar lomba desa tingkat Jawa Timur. Dan sekarang Desa Kupuk sudah mempersiapkan diri secara matang menerima kunjungan tim penilai lapangan lomba desa Jatim.

 

    Seribu jurus daya upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Desa Kupuk bersama semua lapisan masyarakat. Berdasarkan penuturan Kepala Desa Kupuk, Agus Setiyono, Desa yang ia pimpin sudah siap untuk membuktikan yang terbaik dalam lomba Jatim. “Kami bersama segenap masyarakat, semua elemen dan Pemerintah Desa Kupuk sudah mengerahkan segala upaya untuk menjadi yang terbaik di Jatim setelah kemarin Desa Kupuk ditetapkan sebagai juara pertama lomba Desa Kabupaten Ponorogo,” ujar Agus Setiyono, Minggu (8/5).

 

    Mantan Pesepakbola Klub Cendana Putra ini juga menerangkan jika saat ini masyarakat sudah satu kata, satu tekad untuk mempersembahkan prestasi gemilang. “Kami yakin dengan segala potensi yang ada, termasuk Karang Taruna, UKM, Poktan, Pokdarwis, BPD, LPMD, Gapoktan, Kelompok Ternak, Petani, Peternak, Pengrajin, Pariwisata, Pertanian dan potensi lainnya, Desa Kupuk bisa mewujudkan impiannya,” harapnya.

 

    Lebih lanjut, Pembina Asosiasi Desa Wisata atau Asidewi Kabupaten Ponorogo ini juga memaparkan saat ini Desa Kupuk telah berbenah mengembangkan wisata alam Wanasita dan Sendang Tunggul Wulung serta potensi 9 seni budaya tradisional yang masih berkembang di Desa Kapuk. “Kami sangat berharap dengan dukungan besar semua masyarakat maupun elemen Desa Kupuk bisa menjadi yang terbaik di Jatim serta maju ke Tingkat Nasional,” tegasnya dengan optimis. Seperti diketahui saat ini Desa Kupuk masuk empat besar lomba desa Jatim bersama wakil dari Kabupaten Gresik, Pacitan dan Bondowoso. (mnc)