PONOROGO –  Sejak dibuka 9 April lalu, pendaftaran calon legislatif (caleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ponorogo  baru tercatat satu partai yang mendaftarkan calegnya. Partai Demokrat akhirnya menjadi parpol peserta Pileg 2014 yang mendaftarkan diri sebagai pendaftar pertama.

Anggota KPU Ponorogo, Agung ‘Kuncir’ Nugroho mengatakan pihaknya masih mendalami partai yang telah mendaftar ke KPU. “Soalnya hanya Partai Demokrat yang baru mendaftarkan,” ujar Agung Nugroho didampingi Saifudin serta M. Ikhwanudin, anggota yang lain, Jum’at (19/4) saat ditemui di KPU Ponorogo usai menerima rombongan DPC Partai Demokrat Kabupaten Ponorogo.

Dia menjelaskan pihaknya berharap partai-partai yang akan mendaftar ke KPU tidak mengambil waktu pendaftaran di masa akhir pendaftaran pada 22 April mendatang. “Kami hanya sebatas menghimbau saja, kalau kapan waktunya mendaftar ya terserah partai-partai,” ucapnya.

KPU juga berharap sebelum mendaftar partai- partai memahami regulasi terkait syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam mendaftar. “Kalau mendaftarnya mepet, syarat-syarat prinsipnya ya harus terpenuhi. Kalau nanti mendaftar di hari terakhir dan kemudian tidak lengkap ya mohon maaf kami tidak bisa menerima pendaftaran Caleg setelah dinyatakan ditutup pukul 16.00 WIB,” tegasnya.

Terpisah, Partai Demokrat Ponorogo hari ini, Jum’at (19/4) mendaftarkan calegnya ke KPU Ponorogo. “Ada  45 Caleg yang kami daftarkan. Untuk kuota perempuan terpenuhi  lebih 30 %,” tutur Ketua  DPC Partai Demokrat Ponorogo, Miseri Efendy. Dengan rincian, Dapil 1 sebanyak  7 caleg, Dapil II sebanyak 8 caleg, Dapil III sebanyak 8 caleg, Dapil IV sebanyak 9 caleg, Dapil V sebanyak  6 caleg serta  Dapil VI sebanyak 7 orang caleg.

Menurutnya 45 caleg  tersebut merupakan kekuatan riil yang dimiliki oleh partai berlambang Mercy biru ini. “Empat puluh lima itu sudah optimal berdasarkan basis binaan kader dan simpatisan,” terangnya.

Saat ini Partai Demokrat juga mewajibkan Calegnya untuk menandatangani pakta integritas. “Pakta integritas itu syarat utama yang menguatkan instruksi DPP. Poin pentingnya larangan melakukan praktek korupsi. Asal status tersangka maka dipecat dari keanggotaan,” bebernya.

Dia berharap dengan pendaftaran yang pertama dari 12 parpol peserta Pemilu 2014 bisa menjadi awal yang baik.  “Semoga dengan doa’ kita semua Partai Demokrat  bisa memenangkan Pemilu 2014, sehingga bisa mewarnai  setiap kebijakan  di Kabupaten Ponorogo,” tutupnya.  (MUH NURCHOLIS)