Jakarta – Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat (DPP PD) memberikan evaluasi atas kinerja satu tahun Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Evaluasi, pandangan dan rekomendasi yang disampaikan DPP PD dibacakan langsung Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Dr. Hinca IP Pandjaitan XIII didampingi Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR-RI, Edhie Baskoro Yudhoyono MSc serta jajaran pimpinan dan anggota FPD DPR-RI dan para Pimpinan dan Pengurus Harian Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat di Wisma Proklamasi 41, Jakarta Pusat, Kamis (22/10) malam.
Dalam evaluasi tersebut, Hinca menegaskan tugas pertama, pemerintah untuk bisa mengatasi persoalan ekonomi yang bergejolak pada tahun pertama. “Terutama melihat ekonomi dunia yang belum stabil dari krisis dan tekanan,” jelasnya.
Isu strategis lain yang menjadi poin penting evaluasi DPP PD adalah dorongan keseriusan pemerintah dalam menjamin keamanan, ketertiban, dan demokratisasi pilkada serentak pada bulan Desember 2015 mendatang. “Meskipun KPU dan Bawaslu beserta jajarannya mengambil tanggung jawab penyelenggaraan pilkada serentak, pemerintah tidak dapat begitu saja lepas tanggunh jawab,” tambahnya.
Selain itu, pemerintah diharapkan dapat mengelola gejolak sosial yang terjadi di tengah masyarakat, termasuk pengaruh dari sektor perekonomian yang berpotensi memiliki dampak pada aspek-aspek yang lain, termasuk kebutuhan sosial masyarakat. “Masalah sosial ini bisa menular pada kondisi keamanan di sebuah wilayah. Partai Demokrat berharap agar pemerintah beserta aparat keamanan dan penegak hukum melakukan pengelolaan yang tepat atas insiden semacam yang terjadi di Tolikara Papua dan Singkil Aceh, karena isunya berkenaan dengan agama, sebuah isu yang sangat sensitif di Indonesia,” lanjutnya.
Selain koreksi dan masukan-masukan terkait isu-isu strategis yang menjadi perhatian masyarakat, Partai Demokrat juga memberikan sejumlah rekomendasi untuk pemerintahan Jokowi-JK agar pengelolaan pemerintahan ke depan semakin efektif dan efisien. “Pertama,pPemerintah, utamanya jajaran Kabinet Kerja harus lebih kompak lagi, sehingga mampu bekerja secara efektif dan sinergis. Jika pemerintah bisa memetik pelajaran pada tahun pertama ini, tahun-tahun mendatang akan dapat meningkatkan kinerja dan capaiannya,” ungkap Hinca.
Kedua lanjut Hinca, Presiden Jokowi dan para Menteri harus lebih fokus dan mampu memilih prioritas dan agenda yang harus diutamakan, terutama yang berkaitan dengan upaya pemulihan ekonomi nasional kita. “Ketiga, Presiden Jokowi disarankan untuk mengurangi memberikan janji-janji yang baru, apalagi yang tidak mungkin ditepati. Sementara, kesemua janji yang telah disampaikan kepada rakyat harus benar-benar diupayakan perwujudannya,” tutupnya.

 

 

Download Evaluasi dan Rekomendasi Lengkap:

EVALUASI, PANDANGAN & REKOMENDASI PARTAI DEMOKRAT TERHADAP 1 TAHUN PEMERINTAHAN PRESIDEN JOKOWI