PACITAN – Jelang akhir tahun 2015, jajaran kepolisian resor (Polres) Kabupaten Pacitan memiliki catatan positif di bidang hukum dan kriminal. Catatan positif tersebut adalah menurunnya angka kriminalitas di wilayah hukum Kabupaten Pacitan.
Kepala Polres Pacitan, Ajun Komisaris Besar Kepolisian (AKBP) Taryadi, dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (30/12/2015) di Pacitan mengatakan bahwa sepanjang 2014 jumlah data angka kriminalitas sebanyak 143 kasus, sedangkan di tahun 2015 ini kasus kriminalitas turun menjadi 123 kasus.
“Adapun rincian dari 123 kasus tersebut diantaranya adalah kejahatan pencurian dengan pemberatan (Curat) sejumlah 14 kasus dan perjudian juga sejumlah 14 kasus, sehingga terjadi penurunan jumlah kasu, namun itu tidak akan mengendurkan kapasitas kami dalam menjalankan tugas,’’ jelasnya.
Lebih lanjut, Taryadi menyampaikan bahwa kasus kejahatan di Kabupaten Pacitan biasanya di sebabkan oleh minuman keras, yang menjadi salah satu pemicu kejahatan. Selain itu, Taryadi juga menyampaikan bahwa kasus Narkotika dan Obat Terlarang (Narkoba) juga tergolong tinggi, dengan jumlahnya mencapai 19 kasus.
Catatan Polres Pacitan juga menyebutkan bahwa angka kecelakaan lalu lintas di tahun 2015 ini mengalami penurunan dibanding tahun 2014, yakni yang sebelumnya 186 kasus pada 2014, menurun pada 2015 ini sebanyak 127 atau turun sebanyak 2,15 persen.
Namun demikian, angka kenaikan juga dicatatkan dalam konteks pelanggaran lalu lintas (Gar Lantas). Dimana pada tahun 2015 angka kenaikan Gar Lantas cukup fantastis dibanding tahun sebelumnya yakni 743 kasus atau naik 39.15 persen dibanding tahun sebelumnya dengan 182 kasus.
“Kami berharap masyarkat untuk membantu aparat kepolisian menjaga keamanan dan kenyamanan di daerahnya untuk menekan angka kriminalitas, namun bukan hanya tugas kami, aparat kepolisian, tapi berbagai elemen baik tokoh masyarakat, ulama dan instansi lainnya, juga bertugas bagaimana memberikan penyadaran hukum terhadap masyarakat,” tutupnya. (frend)