Ngawi- Menjawab atas permintaan warga akan keaslian jasa penukaran uang yang marak terdapat di tengah kota. Petugas dalmas dan sabara polres Ngawi di terjnkan guna  mengantisipasi peredaran uang palsu jelang lebaran 2016, Polres Ngawi himbau masyarakat lebih waspada. Sementara patroli bersepeda dari satuan Sabhara dengan bersenjata lengkap, keliling ditempat keramaian serta menyambangi lapak jasa penukaran uang receh yang selain memeriksa keaslian uang juga agar mereka terhindar dari aksi perampasan maupun tindak kejahatan lainnya. Usaha preventif ini pihaknya laksanakan selain mencegah peredaran upal juga memberikan rasa nyaman kepada warga Ngawi saat melakukan penukaran uang jelang lebaran mendatang.  Secara terpisah Kapolres Ngawi memberikan himbauan kepada warga Ngawi untuk berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan iming-iming yang di sodorkan para jasa penukaran uang baru.

“ Pada dasarnya dalam membedakan uang itu asli atau palsu tidaklah sulit, masih dengan cara lama yakni dilihat, diraba dan di terawang mendasar hal itu membuat kita waspada akan tindak penipuan yang terjadi,” terang Kapolres Ngawi AKB Suryo Sudarmadi.
Sementara, Endah selaku jasa penukaran uang asal Nganjuk, pihaknya menjamin uang yang dibawa dalam bentuk pecahan mulai Rp 2.000 sampai Rp 20.000 semuanya asli. Tidak hanya itu saja jumlahnya pun sesuai dengan uang yang ditukar masing-masing mendapat potongan 10 persen. Guna memberikan efek kepercayaan kepada calon pembelinya untuk melakukan pengecekan keaslian uang di tempat dengan menggunakan alat deteksi uang.  
“Saya tidak ingin di sebut sebagai pengedar uang palsu, setiap kali calon pembelinya berminat dengan uang yang ia jajakan, sebelum di bawa pulang saya meminta kepada  pembelinnya untuk dilakukan pengecekan terlebih dahulu,” jelas Endah.ARD