Ngawi –Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Ngawi menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Pengendalian Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan di Kabupaten Ngawi tahun 2013. Kegiatan ini diikuti oleh Kasi Trantib Kecamatan se Kabupaten Ngawi dengan mendatangkan narasumber  Lettu Chb Sutana, Pasi Intel Kodim 0805 Ngawi.

Dalam penjelasannya Lettu Chb Sutana mengatakan bahwa di Jawa Timur mengalami perkembangan situasi (bangsit) yang perlu di waspadai dan dikendalikan. Diantarannya,1. Raka-raki, yang meliputi kegiatan eks tapol G. 30 S/ PKI, tuntutan rehabilitasi, penyebaran gambar palu arit di Jember dan Ngawi, FPI, HTI, dan kegiatan menentang kebijakan pemerintah; 2. Bidang politik, yang meliputi: pemilukada dan pilkades, kerawanan dalam dilaksanakannya musyawarah PRD, dan pemboikotan pelaksanaan proses pilkades; 3. Bidang Sosbud, antara lain adanya buruh yang menuntut gaji, penolakan pembangunan tempat ibadah, Korban lapindo, dan sengketa tanah; 4. Milkam, yang meliputi  isu terduga teroris di Jatim di temukan di Jabar, adanya imigran gelap, penolakan pencalonan karsa, dan konflik-konflik internal; dan 5.Konflik Siah-Suni di Sampang dan Jember.

“Diperlukan tindakan antisipatif untuk mengatasi masalah yang timbul , yaitu dengan monitoring perkembangan situasi dan mewaspadai provokasi,” tegas Lettu Chb Sutana.

Diakui Sutana, Kasi Trantip merupakan ujung tombak untuk menciptakan lingkungan aman terkendali dan merupakan intelejen di daerah masing-masing yang bertugas menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat di daerahnya.

Lebih jauh Sutana mengakui,  dalam 3 tahun mendatang, Trantip mempunyai  tugas penting untuk mengamankan hajat besar Pemerintah Kabupaten Ngawi yaitu:  Pemilu Legislatif,  Pemilu Presiden, dan Pemilu Bupati 2015, yang memungkinkan  muncul ATHG (Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan) terhadap kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi sekaligus mengeliminir munculnya  ATHG, sehingga mampu tercipta Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan di Kabupaten Ngawi khususnya,” timpalnya. (Ardian)