Pacitan-Pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) yang akan bertarung dalam pemilihan legislatif (pileg) 2014 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) tinggal lima hari lagi. Namun dari 12 partai politik (parpol) di Pacitan belum juga ada yang melakukan pendaftaran ke KPU.

“Sementara ini parpol baru sebatas konsultasi dan meminta kelengkapan berkas ke KPU,” kata Bambang Sutedjo, Kasubag Teknis KPU Pacitan, Rabu (17/4/2013).

Kelengkapan berkas itu, seperti surat keterangan telah terdaftar sebagai pemilih. “Batas waktu pendaftaran caleg ke KPU tanggal 22 April 2013 nanti atau kurang lima hari lagi,” tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris DPC Demokrat Pacitan, Ronny Wahyono menuturkan minggu lalu, demokrat baru selesai melakukan seleksi caleg. “Jumat kemarin pemberkasan. Yang pasti minggu ini kita akan daftarkan ke 40 caleg kita ke KPU,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPP Nasdem Pacitan, Tugino, membenarkan pihaknya belum mendaftarkan calegnya ke KPU. Namun, karena akan melakukan pendaftaran serentak di seluruh Indonesia, saat ini Tugino hanya bisa menunggu. “”Berkas sebenarnya sudah siap semua. Saya tunggu perintah pusat untuk pendaftaran caleg bersamaan di seluruh Indonesia,” pungkasnya. Frend Mashudi