Tondano – Tak lengkap rasanya kalau berkunjung di Kabupaten Minahasa tanpa mengunjungi  Danau Tondano dan menikmati kuliner andalan Danau Tondano. Objek wisata air yang merupakan danau terluas di Sulawesi Utara ini memiliki luas 4.278 hektar persegi. Menariknya, danau ini diampit oleh empat dataran tinggi sekaligus. Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu, dan Gunung Masarang mengampit danau ini dan membuatnya menjadi semakin indah dan layak dikunjungi.

 

Lokasi ini terletak sekitar 30 km dari Kota manado dan sekitar 3 km dari Kota Tomohon. Jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan dengan berkendara melalui akses jalan yang sudah diaspal. Jalan menuju lokasi danau yang sedikit berkelok lengkap dengan pemandangan pegunungan melengkapi suasana berlibur di tempat ini.

 

Untuk kagiatan masyarakat lokal, danau ini sering dijadikan lokasi untuk pesta nelayan lokal. Pesta ini dimeriahkan dengan munculnya ratusan perahu bolotu yang bercorak warna-warni di tengah-tengah danau. Di dalam pesta ini, tedapat berbagai kegiatan, seperti lomba dayung, lomba perahu hias, lomba tangkap ikan tanpa alat, serta parade perahu bolotu.

 

Bubur Tinutuan

Ada yang menarik jika berkunjung ke Danau Tondano. Objek wisata ini menawar kuliner khas yang menjadi identitas kuliner Manado. Bubur Manado atau oleh masyarakat setempat disebut bubur Tinutuan, dibuat dari beras dan dicampur dengan aneka bumbu dan sayuran seperti kangkung, bayam, kacang panjang, daun kemangi, ubi merah, jagung pipil dan daun gedi. Uniknya, sebagian bahan dasarnya hanya ada di Manado.

 

Bubur ini biasanya disantap dengan hidangan pelengkap seperti ikan tongkol atau ikan asin bersama sambal bakasang atau sambel dabu-dabu. Selain enak, bubur ini juga memberikan asupan gizi yang banyak karena bahan pelengkapnya yang bermacam-macam dan menyehatkan. Di daerah asalnya Manado, bubur ini lazim disajikan panas di atas meja atau papan beralas daun pisang.

Tidaklah sulit mendapatkan masakan ini, karena nyaris semua rumah makan yang ada di lokasi ini menjual bubur Manado.

 

Ikan Nike Danau Tondano

Photobucket

Tondano – Kota Tondano di Sulawesi Utara, tidak hanya dikenal danaunya semata. Masakan serba ikan khas Tondano pun dikenal memanjakan lidah para pengunjungnya. Kenikmatan bertambah saat menyantapnya di pinggir Danau Tondano. Sajian serba ikan dapat dicicipi di seputar Danau Tondano. Ada ikan mas kuah asam, woku ikan mas, ikan cakalang fufu, ikan mujair bakar, ikan payangka dan tumis kangkung yang siap disantap. Masakan khas Tondano ini terasa hambar tanpa sambal dabu-dabu. Rasa pedas dan asam menggigit lidah saat menikmati sambal yang cocok dicocol saat menyantap ikan bakar ini.

 

Ada satu jenis masakan yang unik di tempat ini yaitu ikan Nike. Rasanya gurih dan lezat dengan bentuk mirip perkedel. Ikan Nike adalah ikan berukuran kecil yang hanya ada di Danau Tondano. Untuk dapat menikmati hidangan khas Danau Tondano ini, pengunjung harus menyesuaikan jadwal kunjungannya dengan musim panen ikan Nike  di Danau Tondano.