PONOROGO – Bersamaan dengan dimulainya sidang perdana gugatan hasil Pilkada Ponorogo di Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (7/1) di Jakarta, dunia maya dihebohkan dengan munculnya video bertajuk “Tangkap Money Politik Ponorogo” di Youtube. Video berdurasi 14 detik tersebut menunjukkan adanya interogasi kepada seorang wanita yang tertangkap tangan melakukan money politik sehari sebelum Pilkada serentak di Desa Tanjungsari, Kecamatan Jenangan, Ponorogo.

Video tersebut diambil sehari sebelum Pilkada 9 Desember 2015. Dalam video tersebut tampak juga kepala desa, pelaku, tim sukses salah satu pasangan calon peserta Pilkada Ponorogo dan anggota Polri. “Kejadian money politik di Ponorogo memang sangat mengejutkan karena terlihat permainan sangat kotor dan sistematis,” ungkap Budi, seorang warga di Pinggiran Kota Ponorogo.

Dia berharap pelaksanaan sidang gugatan Pilkada Ponorogo di MK yang mulai digelar hari ini berjalan sesuai aturan hukum yang berlaku. “Siapapun yang terlibat dalam kasus money politik Ponorogo harus diungkap, karena hanya akan menciderai demokrasi di Indonesia,” ungkapnya. (MUH NURCHOLIS)