Ngawi-Proses peringatan Hari Kemerdekaan RI dilapangan merdeka Ngawi berlangsung dengan khidmad. Bupati Ngawi Budi Sulistyono bertindak selaku inspektur dan AKP Dwi Basuki Kapolsek Kwadungan dipercaya sebagai komandan upacara HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke 71 serta detik-detik proklamasi bertempat di Alun Alun Merdeka Ngawi. Sedangkan selaku pembaca naskah teks Proklamasi adalah Ketua DPRD setempat, Dwi Rianto Jamiko.

“Peringatan kemerdekaan bukan sebatas dipenuhi dengan kegiatan seremonial tetapi harus diambil maknanya lebih mendalam. Terutama bagaimana cara kita mengisi kemerdekaan secara utuh tentu melakukan pembangunan secara total di daerah seperti di Ngawi ini menuju spetakuler,” terang Kanang, sapaan akrab Bupati Ngawi.
Pada upacara puncak peringatan Kemerdekaan selain dihadiri Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar, juga turut serta, Kapolres Ngawi AKBP Suryo Sudarmadi, Dandim 0805/Ngawi Letkol Inf M.Triyandono serta para Veteran, Warakawuri,Wiradatama, organisasi kepemudaan dan tokoh masyarakat.
Kemudian orang nomor satu di Kabupaten Ngawi tersebut bersama jajaran langsung meluncur ke Taman Makam Pahlawan (TMP) di Jalan Untung Suropati untuk tabur bunga. 
Dilanjutkan dengan pemberian remisi bagi para narapidana (napi) di Lapas Kelas IIB Ngawi. Seperti diketahui, momentum kemerdekaan yang diperingati setiap tahun merupakan waktu yang paling ditunggu para napi terutama berkelakuan baik.
Mas Indra Prawoto Kasi Binaker Lapas II B Ngawi menjelaskan, pada tahun 2016 ini ada 69 napi yang menerima remisi baik umum maupun dasawarsa dan satu napi diantaranya mendapat remisi langsung bebas. 
“Mudah-mudahan mereka yang bebas hari ini maupun yang mendapatkan remisi mampu berbenah diri. Dan pelajaran yang diterima didalam Lapas harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Mas Indra Prawoto


Dari kegiatan pelaksanaan upacara dilapangan merdeka menyisakan satu kejadian yang cukup di sayangkan 2 siswa sebagai pengikut kegiatan tersebut harus dilarikan ke sarana kesehatan terdekat akibat terlalu lama tidak kuat mengikuti prosesi upacara dan terik matahari.ARD