Ngawi-Soal ujian nasional untuk SMA, SMK dan MA serta ujian paket C tiba di kabupaten Ngawi. Kedatangan soal ujian dari polda Jawa Timur cukup mendapatkan pengawalan ketat petugas dari Mapolres Ngawi dan karyawan dinas pendidikan.

Box soal yang berjumlah 117 terdiri dari SMA 55 box, SMK 44 box, Paket C 15 box ditempatkan di aula Mapolres Ngawi sebelum akhirnya didistribusikan ke sub rayon.

Diungkapkan Kasat binmas Polres Ngawi AKP I Wayan Murtika, pengamanan soal ujian tidak berhenti di sini saja usai dari mapolres Ngawi nantinya akan di kirimkan kepolsek-polsek dimana lembaga sekolah melakukan pengambilan soal I jam sebelum ujian berlangsung, hal ini sekaligus memberikan keamanan soal agar tidak bocor.

”Pengamanan kami cukup ketat dari polda, polres, polsek hingga sampai ke sekolah akan menempatkan 2 personil anggota untuk setiap paket soal” ungkap Wayan.

Sementara Gunadi Ash Sidig selaku kabid pendidikan menegah atas dinas pendidikan Ngawi kepad media menjelaskan pengamanan usai ujian juga cukup lumayan ketat. Pihak penyelenggara ujian Unas bekerjasama akan bekerjasama dengan pihak ketiga dalam hal ini UIN (unervesitas Islam Negeri Malang) untuk mencocokkan soal ujian.

”Begitu pula usai ujian, soal dan lembar jawaban akan langsung dimasukkan amplop yang sudah di sediakan, dan ditutup dengan segel untuk dikembalikan ke panitia. Selanjutkan akan di kirim ke Malang,” ungkapnya. Ardian