Pacitan-Kabupaten Pacitan mewakili Provinsi Jawa Timur dalam penilaian tertib administrasi dan 10 program pokok PKK 2013 kategori Kabupaten/Kota. Prestasi ini cukup membanggakan karena kota Seribu Satu Goa ini berhasil menyingkirkan lebih dari 530 peserta dari 33 provinsi di Indonesia.

Kabupaten Pacitan diwakili tim penggerak PKK Desa Punung kecamatan Punung setelah masuk 6 besar dan berhak maju dalam nominasi penilaian tingkat nasional. Selain administrasi yang sudah berjalan sempurna, tim penggerak PKK Desa Punung sudah menjalankan 10 program pokok PKK.

Beberapa kegiatan yang akan diverifikasi oleh tim penilai dari pusat antara lain, kesekretariatan, taman toga, KRPL serta rumah sehat. Selain itu juga ada pengolahan sampah organik, kebun bibit desa serta Posyandu dan koperasi wanita.

Menurut Ketua Tim Penilai nasional  Nursilah, penilain ini memang mencari yang terbaik. Namun demikian yang paling utama adalah bagaimana kegiatan PKK ini mampu memberi manfaat bagi masyarakat. Partisipasi masyarakat membantu pemerintah dalam meningkatkan pembangunan.

Kegiatan PKK sesuai rakernas tandas Nursilah sudah terprogram jelas. Yakni membantu pemerintah dalam pembanguanan menuju tujuan milenium. seperti berperan aktif membantu menyelesaikan masalah kemiskinan, pendidikan dasar, pengarusutamaan gender dan peran perempuan serta masih banyak lainya.

Sementara itu ketua tim penggerak PKK kabupaten Ny Luki Indartato mengungkapkan secara umum kegiatan perempuan dalam organisasi PKK di Pacitan sudah berjalan baik. Hal itu tak lepas dari pembinaan yang intensif dilakukan tim penggerak PKK kabupaten. Meski diakuinya, untuk mencakup wilayah Pacitan membutuhkan pengorbanan yang berat. Hal ini tidak lepas dari kondisi geografis Pacitan yang bergunung.

Khusus untuk tertib administrasi, istri bupati Pacitan Indartato itu mengaku semuanya masih mengandalkan cara manual. Penyebabnya adalah terbatasnya sarana penunjang. Untuk menjaring informasi antar kecamatan saat ini tim penggerak PKK kabupaten sudah Online. Sehingga informasi dapat diakses dengan lebih cepat. Frend Mashudi