Trenggalek – Tiga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Trenggalek, Jawa Timur melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sistem ini baru diterapkan pertama kai di wilayah Trenggalek.

Tiga sekolah yang mengikut UNBK antara lain, SMK Negeri I Trenggalek, SMKN I Pogalan dan SMK Islam I Durenan. Lembaga tersebut dipilih karena telah memenuhi persyaratan teknis memadai. Di SMKN I Trenggalek, ujian dilaksanakan di empat ruang laboratorum dan berlangsung tiga tahap, dengan jumlah peserta mencapau 467 siswa.

Kepala SMKN I Trenggalek Suharyati mengaku, pelaksanaan hari pertama ujian nasonal berjalan dengan lancar, pihaknya tidak menemukan adanya kendala teknis dan non teknis yang menganggu jalannya ujian.

“Untuk tahap pertama hingga selesai tadi tidak ada kendala yang berarti, seluruh siswa juga sudah bisa beradaptasi dengan sistem baru tersebut, semoga sampai akhir pelaksanaan bisa lancar,” katanya.

Ujian sistem “online” ini baru pertama kali diterapkan di Kabupaten Trenggalek, tahun lalu satu-satunya sekolah yang sempat mendapat rekomendasi, SMKN I Pogalan akhirnya dibatalkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.