Trenggalek- Puluhan rumah warga yang terancam longsor di Dusun SUmbermadu, Desa Pucanganak, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek akhirnya dibongkar, pembongkaran dilakukan karena kondisi rumah tidak layak huni dan berbahaya. 
 
Kepala Desa Pucanganak, Hadi Sumanto mengatakan Proses pembongkaran dilakukan secara bertahap oleh tim gabungan dari warga, BPBD Trenggalek, TNI. Sedangkan warga yang rumahnya dibongkar diungsikan ke rumah tetangga yang lebih aman. 
 
Menurutnya, sebagian besar konstruksi tembok dan lantai rumah di Dusun Sumbermadu banyak yang mengalami retak-retak, yang diakibatkan pergerakan tanah. Bahkan lebar retakan tanah mencapai 30 centimeter. 
 
“Membongkar dan menurunkan rumah yang sudah tidak layak huni, karena kalau ditempati megancam dan mengkhawatirkan keselamatan warga kami. dari 21 rumah itu akam kami bongkar secara bertahap,” katanya.   
 
Rencananya, seluruh warga yang terdampak akan dipindah ke lahan yang lebih aman. meski rata-rata telah memiliki lahan lain, sebagian warga belum memiliki anggaran untuk membangun rumah baru. 
 
Dari data di pemerintah desa setempat, pergerakan tanah di wilayah Dusun Sumbermadu mulai terjadi sejak tahun 2011, namun kondisi paling parah terjadi pada bulan April ini. Luas tanah yang mengelami pergerakan diperkirakan mencapai lebih dari 10 Hektare.