Ngawi- Menciptakan peningkatkan keselamatan bagi pengendara di jalan raya terutama seusia anak pelajar Satlantas Polres Ngawi secara intens menggencarkan program Police Go To School dengan sasaran para siswa SMA sederajat. Kasatlantas Polres Ngawi AKP I Made Parwita saat ditemui diruang kerjanya Selasa kemarin, (19/04), mengatakan, setiap individu pengendara sepeda motor utamanya para siswa harus benar-benar memahami aturan tata cara berlalu lintas yang baik untuk menghindari kecelakaan.

Tentunya untuk mencapai tingkat kesadaran berlalu lintas bagi siswa pihaknya melalui fungsi Satlantas di Polres Ngawi sekarang ini memang gencar melakukan sosalisasi rutin yang dikemas program Police Go To School. Ujarnya lagi, kegiatan itu dilakukan setiap hari Rabu disetiap minggu dengan sasaran disemua wilayah kecamatan yang ada bahkan sampai pertengahan April 2016 ini sudah 16 SMA sederajat yang dikunjungi bersama timnya.

“Kita sudah rutin melakukan kegiatan itu dengan harapan mereka utamanya siswa bisa memahami arti pentingnya keselamatan berlalu lintas. Sisi lainya juga kita tekankan ke orang tua siswa mereka harus mengawasi para anak-anaknya jangan sampai melakukan sesuatu hal yang sekiranya melanggar lalu lintas di jalan raya,” ungkap AKP I Made Parwita.

Tegas Kasatlantas Polres Ngawi yang merupakan lulusan Akpol 2009, ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya insiden lakalantas mulai dari human error, ketidaklengkapan kendaraan, kondisi jalan hingga faktor alam. Bahkan pihaknya sesuai surveinya ada sejumlah titik jalan di Kabupaten Ngawi merupakan daerah rawan lakalantas.

Bahkan ujarnya, angka lakalantas antara Januari-April 2016 sudah merenggut tiga nyawa siswa dari berbagai latar sekolah. Dengan data tersebut, secara internal pihaknya terus melakukan koreksi untuk menciptakan langkah-langkah terpadu dengan tujuan akhir bisa menekan angka lakalantas. Tambah perwira menengah kelahiran Gianyar Bali 34 tahun lalu menerangkan, sekarang ini tingkat kesadaran siswa maupun pelajar di Kabupaten Ngawi masih dirasakan kurang.

Dia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama mensosialisasikan kesadaran berlalu lintas utamanya para siswa. Tanpa peran semua pihak kata AKP I Made Parwita, aparat kepolisian akan dibuat keteteran dengan peranya mengingat personel Satlantas Polres Ngawi terbatas jumlahnya