Ponorogo – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo, Fatchul Azis menyampaikan hingga Kamis (18/7) pukul 15.00  WIB belum ada satupun partai politik (Parpol) yang mendaftarkan calon legislatifnya ke kantor KPU setempat untuk peserta pemilu 2014 mendatang. Padahal, penerimaan pendaftaran sudah dilakukan sejak 9 April lalu. Akhir pendaftaran calon legislatif ini akan berakhir pada 22 April mendatang.

 “Ya, sampai sekarang belum ada satupun yang menddaftar calon legislatif dari partai politik peserta Pemilu 2014. Batas pendaftaran 22 Aprile mendatang,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo, Fatchul Azis, Kamis (18/4).

Dijelaskan,  KPU Ponorogo  telah mempersiapkan tim penerima pendaftaran caleg namun hingga saat ini belum ada yang mendaftar. Kemungkinan para caleg masih melengkapi segala persyaratan yang ada.  Pendaftaran caleg sesuai tahapan dan Peraturan KPU No.6 tahun 2013 maka jadwal pendaftaran dimulai pada rentang waktu 9-22 April 2013. Pihaknya mengimbau kepada partai politik benar-benar mempersiapkan segala persyaratan calegnya.

 Karena, caleg yang sudah didaftarkan tidak dapat diganti kembali kecuali karena beberapa hal yang diatur oleh peraturan perundang-undangan berlaku. Untuk itu diharapkan agar parpol benar-benar mempersiapkan pendaf­taran calegnya dengan lengkap, tanpa ada masalah terkait administrasi dikemudian hari.  Dan terpenting juga harus memenuhi kouta 30 persen keterwakilan perempuan.

 “Berkas caleg akan didaftarkan oleh parpol bukan orang perorang, tapi menyeluruh,” imbuhnya. Sementara Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat  Kabupaten Ponorogo, Miseri Efendy   mengakui pihaknya masih melakukan persiapan kelengkapan caleg yang telah ditetapkan oleh aturan yang telah ada. “Berkas Caleg Partai Demokrat selesai, langsung kita daftarkan,” ujar Miseri. Muh. Nurcholis