Bila berkunjung ke Pekanbaru, jangan lupa membeli Gulai Ikan Patin. Gulai Patin merupakan masakan khas kota Pekanbaru, Riau. Gulai Patin menjadi ikon wisata kuliner, selain Gulai Ikan Baung.  Hampir disemua rumah makan maupun restoran di Kota Pekanbaru menyediakan menu Gulai Ikan Patin, sehingga tidaklah sulit untuk menemukan kuliner lezat ini.

Kenikmatan menyantap masakan adalah ketika disajikan hangat-hangat, pedas dan sedap membuat siapapun yang memakannya jadi ketagihan. Gulai Ikan Patin berkuah kuning pekat dengan potongan-potongan besar Ikan Patin. Gulai ikan patin di Pekanbaru sendiri memiliki ciri khas tersendiri, yakni aromanya yang harum karena dimasukkan dengan bunga kecombrang (bunga kincung) yang berfungsi sebagai penyedap rasa gulai ikan patin.

Sesuai dengan letak geografis, Kota Pekanbaru diapit oleh empat buah sungai besar, yakni Sungai Siak, Sungai Indragiri, Sungai Kampar, dan Sungai Rokan. Keberadaan sungai-sungai tersebut memungkinkan ikan patin dan ikan baung dapat berkembang dengan baik, kedua jenis ikan tersebut merupakan jenis ikan air tawar yang dapat hidup dan berkembang biak di kolam budidaya atau sungai.

(Diolah dari berbagai sumber)