Seoul, Korea Selatan: Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerima penghargaan tertinggi negeri ginseng dari Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-Hye. Park menganugerahi SBY dengan gelar Grand Order of Mungunghwa. Penghargaan ini merupakan yang tertinggi diberikan oleh Korsel terhadap seorang kepala negara. Demikian diberitakan Yonhap, Rabu (19/11/2014).

 

Resepsi penganugerahan ini dilakukan di Istana Presiden Korea Selatan dalam sebuah acara resmi. Nama Grand Order of Mugunghwa sendiri diambil dari nama bunga nasional Korsel, the Rose of Sharon.

 

SBY berada di Korea Selatan untuk menerima secara resmi jabatan Ketua Councul of the Global Green Growth Institute (GGGI). Lembaga tersebut merupakan organisasi yang mengatur pertumbuhan ekonomi ramah lingkungan internasional.

GGGI dibentuk pada Oktober 2012 sebagai entitas internasional. Lembaga ini ditingkatkan statusnya dari lembaga riset Korsel yang dibentuk pada 2010, untuk mempromosikan strategi perkembangan ekonomi ramah lingkungan. Untuk saat ini, GGGI memiliki anggota 22 negara.

 

Ibu Negara RI ke-6 Ani Yudhoyono menunjukkan rasa bahagianya atas penghargaan tertinggi Korea Selatan. Ibu Ani, melalui akun Instagram, memasang foto ketika SBY menerima penyematan penghargaan tersebut. (metro/dik)