Bogor – Untuk mempererat tali silaturahim antarkader, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menggelar acara buka puasa bersama di kediamannya di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/6/2016) sore. 
 
“Alhamdulillah, bulan ini kita kembali berada di bulan suci ramadhan, bulan yang penuh rahmat dan ampunan. Kepada kaum muslimin dan muslimat di seluruh tanah air, keluarga besar Partai Demokrat mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa semoga ibadah kita diterima oleh Allah SWT,” ujar SBY. 
 
Dalam kegiatan yang diikuti oleh sekitar 400 kader dari unsur pimpinan DPD, anggota Fraksi Partai Demokrat dan jajaran DPP Partai Demokrat ini, SBY juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama bulan Ramadhan. 
 
“Kepada saudara-saudara yang beragama lain, saya mengucapkan terima kasih atas toleransi dan rasa persaudaraannya, sehingga umat Islam bisa menjalankan ibadah puasa dalam lingkungan yang aman dan damai,” tambah SBY.
 
Seperti diketahui, pada kesempatan ini, SBY juga akan menyampaikan refleksi Ramadhan terkait kondisi sosial dan politik yang terjadi di Indonesia selama beberapa waktu terakhir. 
 
“Sebagai umat manusia, kita diajarkan untuk saling berlomba dalam kebaikan dan kebajikan. Allah SWT berfirman “Demi masa, sesunggunya manusia dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh, dan saling berwasiat dengan kebenaran dan saling berwasiat dalam kesabaran”, Al Qur’an, Surat ke 103: Al ‘Ashr. Segaris dengan firman Allah ini adalah baik jika kita berbagi pandangan dan bahkan mengingatkan pihak-pihak tertentu, sepanjang hal itu memiliki tujuan yang baik serta disampaikan dengan cara-cara yang baik pula,” jelasnya.