PONOROGO – Objek Wisata Telaga Ngebel yang menjadi icon wisata di Bumi Reyog Ponorogo, kini dikeluhkan para wisatawan karena kondisinya kumuh  saat perayaan tahun baru 2016 kemarin.  “Kok sekarang Telaga Ngebel kumuh dan kotor,”  ujar Tina, salah seorang wisatawan dari Magetan, kemarin.

Beberapa masyarakat sekitar Telaga Ngebel saat ditemui membenarkan bahwa obyek wisata andalan Ponorogo tersebut tampak kurang bersih. “Sebenarnya masyarakat sekitar Telaga Ngebel bisa melakukan kegiatan untuk menjaga kebersihan, keindahan agar wisatawan betah di objek wisata ini,” kritik Yasin, wisatawan asal Kecamatan Jambon, Ponorogo.

Dia berharap ada kesadaran bersama untuk menjaga keindahan Telaga Ngebel. “Kami berharap ada upaya serius dari semua pihak untuk mempertahankan keindahan dan keasrian Telaga Ngebel,” paparnya. Selain sampah, wisatawan juga mengeluhkan minimnya sarana dan prasarana pendukung Telaga Ngebel. “Tempat MCK atau toilet juga sangat minim,” terang Ardian, wisatawan asal Ngawi.

Selain kotor dan minimnya sarana Fasilitas Umum (Fasum), Telaga Ngebel juga minim tenaga pemandu wisata. “Padahal obyek wisata ini bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemkab Ponorogo, maka perlu ada penataan serius dari Pemkab Ponorogo,” kritik Muh Yani, tokoh LSM Empat Lima Ponorogo. (MUH NURCHOLIS)