ACEH– Didampingi 14 anggota DPR RI, Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono atau biasa disapa Ibas bersama istri Aliya Rajasa Yudhoyono Saweu Aceh (sambangi Aceh, red) dalam rangka menghadiri rangkaian kegiatan HUT Partai Demokrat ke-17 yang diisi dengan pengukuhan Anggota Mitra Sehati sekaligus kegiatan sosial dan promosi pariwisata yang berlangsung selama tiga hari yaitu 20-22 September 2018 meliputi  Sabang, Banda Aceh dan Takengon Aceh Tengah.

Ibas mengungkapkan, kehadirannya kali ini ke Aceh bukan hanya dalam rangka rangkaian peringatan HUT Partai Demokrat ke-17 di DI Aceh saja tapi juga untuk mengikuti kegiatan sosial. “Kami hadir disini untuk perayaan HUT partai Demokrat sekaligus untuk melihat juga perkembangan Aceh, juga untuk mengikuti berbagai kegiatan untuk membantu masyarakat Aceh,” jelasnya Kamis (20/9/2018).

Sementara itu, di paparkan secara terperinci oleh Anggota FPD DPR RI asal Aceh Teuku Riefky Harsya menyampaikan bahwa kunjungan Ibas kali ini akan melakukan berbagai rangkaian acara, mulai dari kegiatan sosial, pengembangan UMKM hingga turut mempromosikan pariwisata Aceh. “Selama tiga hari EBY dan Aliya Rajasa Yudhoyono bersama rombongan akan melakukan agenda yang cukup padat diantaranya membuka acara pengukuhan 53 UMKM binaan Mitra Sehati, meyerahkan 1500 paket sembako dan perangkat shalat kepada masyarakat di Banda Aceh, Aceh Besar dan Takengon, serta memberikan hadiah kepada pemenang lomba masak yang di ikuti 40 Desa Banda Aceh-Aceh Besar.”, ungkap Teuku Riefky.

Riefky menegaskan, Kehadiran Fraksi Demokrat ke Aceh tersebut sebagai bentuk komitmen dan konsistensi Fraksi Partai Demokrat DPR RI dalam mendukung pembangunan Aceh pasca damai yang telah dicanangkan oleh Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, ketika MOU Helsinki di tanda tangani (RI-GAM) pada 2005, 13 tahun yang lalu. “Ini sebagai bentuk dukungan kami untuk masyarakat Aceh yang tengah gencar membangun daerahnya pasca perjanjian Helsinki pada 2005 lalu,” jelas dia.

Selanjutnya, untuk membantu mempromosikan destinasi wisata kebanggaan rakyat Aceh, rombongan akan mengunjungi berbagai icon wisata Aceh, diantaranya: Sabang yaitu Kilometer Nol, Pantai Iboh, Danau Anauk Laut, di Banda Aceh seperti Taman Putro Phang, PLTD Apung, Museum Tsunami, Mesjid Raya Baiturrahman, Takengon yaitu Puncak Pantan Trong, Desa Pengerajin Bebesan, Kebun Kopi Bies, Danau Lut Tawar. “Seperti yang kita ketahui bersama, pariwisata punya kontribusi besar dalam meningkatkan perekonomian warga, kami ingin masyarakat Aceh semakin sejahtera dan makmur,” paparnya.

Kehadiran Ibas dan rombongan dibandara SIM di sambut oleh Ketua DPD Partai Demokrat Aceh Nova Iriansyah beserta Istri Diyah Idawati, wakil Ketua DPRA Dalimi, Ketua FPD DPRA T. Ibrahim, Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah serta segenap jajaran pengurus Demokrat Aceh.

Unggah Berkas

Agar diketahui, Mitra sehati adalah sebuah gerakan sosial yang di prakarsai oleh Aliya Rajasa Yudhoyono  dan Adinda Riefky Harsya yang didukung oleh Persaudaraan Istri Anggota (PIA) FPD DPR RI dalam membina pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diseluruh Indonesia. Gerakan yg di pimpin oleh Aliya ini adalah bentuk keprihatinan terhadap situasi  perekonomian saat ini. Dengan gerakan ini, PIA FPD DPR RI mengajak semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam mendukung UMKM di pelosok Indonesia karena Negara dengan UMKM yang mapan diyakini akan mampu menopang perekonomian nasional serta mengurangi pengangguran.

Kunjungan ini di hadiri oleh Anggota FPD DPR RI beserta para istri dari berbagai komisi diantaranya Komisi I Bidang Hankam seperti Sjarifuddin Hasan dan Teuku Riefky Harsya, Komisi II Bidang Pemerintahan Nanang Samodra,  Komisi III Bidang Hukum Hinca Panjaitan, Didik Mukrianto dan Muslim,  Komisi V Bidang Infrastuktur Anton Suratto, Agung BS dan Hartanto Edhie Wibowo, Komisi VI Bidang UMKM Wahyu Sanjaya, Komisi IX Bidang Kesehatan dan ketenagakerjaan Dede Yusuf, Komisi X bidang Pendidikan dan Pariwisata Edhie Baskoro Yudhoyono dan Rinto Subekti, Komisi XI bidang Keuangan Didi Irawadi.