Ngawi- Jelang perhelatan pemilihan Gubernur Jawa Timur  2018 aroma politik makin menguat. Waktu setahun memang terbilang mepet bahkan terlalu cepat jika dimanfaatkan untuk kepentingan politik dalam penggalangan masa (grasroot). Usut pun jadi meski belum bisa dikatakan blak-blakan tentunya sinyal sudah mulai terlihat antara Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Wakil Gubernur Jawa Timur dengan Bupati Ngawi Budi Sulistyono/Kanang.

 

Gus Ipul mengatakan, kalau Kanang memang potensial untuk mendampingi dirinya menuju kursi Jatim I. Namun ditanya lebih lanjut mengenai sejauh mana potensi Kanang dalam Pilkada 2018 nanti Gus Ipul pun hanya sedikit menjawab. Ketegasan orang nomor dua di Pemerintah Propinsi (Pemprop) Jawa Timur itu pun disampaikan usai menghadiri sosialisasi pengembangan Koperasi Wanita (Kopwan) Syariah di Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi, Kamis (19/05.

“Wow kalau Pak Bupati (Kanang-red) ini baik apalagi dua periode yang penting wiridanya itu low. Kalau rencana pasti ada dan Pak Kanang hebatlah pokonya beliau salah satu bupati hebat di Jawa Timur,” singkat Gus Ipul dihadapan wartawan, Kamis (19/05). 

 

Mencuatnya Gus Ipul meminang Kanang memang akhir-akhir ini santer dibicarakan publik terlebih kurang dari sebulan ini saja sudah dua kali orang nomor dua di Jawa Timur tersebut berkunjung ke Ngawi dalam agenda kunjungan kerja. Tak pelak Gus Ipul pun disorot ada kepentingan politik didalamnya dengan Kanang yang notabene selain Bupati Ngawi juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur.

 

Tetapi sampai sejauh ini pihak Kanang pun belum memberikan statement terkait macungnya nanti berduet dengan Gus Ipul. Namun beberapa waktu sebelumnya Kanang yang sukses mendulang suara terbanyak dalam Pilkada Ngawi 2015 lalu. Memang tidak dipungkiri terhadap kepiawaianya Kanang dibidang politik tentunya bisa jadi menjadi satu alasan bagi Gus Ipul untuk segera meminangnya dalam blantika politik Pilkada Jawa Timur yang masih setahun lagi tersebut.

Sisi lain Gus Ipul sendiri dalam pernyataanya seperti yang dilansir salah satu media, menandaskan, dirinya memang tidak berniat maju melalui jalur independent. Sejauh ini masih mengupayakan melalui jalur politik kepartaian tertentu dengan melakukan komunikasi dukungan. Atas dasar itulah, Gus Ipul cukup yakin dirinya akan memperoleh dukungan partai politik. Jelasnya, semua pimpinan partai politik di Jawa Timur cukup terbuka terhadap dirinya.