Trenggalek – Sepekan menjelang Ujian Nasional, ribuan eksemplar naskah ujian tingkat SMA dan SMK mulai didistribusikan dari tingkat Provinsi Jawa Timur ke masing-masing kabupaten. Di Trenggalek, ratusan boks naskah ujian tersebut langsung disimpan di mapolres, guna menghindari adanya kebocoran soal. 
 
Kepal Dinas Pedidikan dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Kusprigianto mengatakan, jumlah naskah yang diterima sebanyak 129 boks, jumlah tersebut seusai dengan kebutuhan di UN di wilayah Trenggalek.
 
“Karena ini adalah dokumen negera yangbersifat rahasia, maka sesuai dengan standar pengamanan, kami simpan di polres dan dijaga selama 24 jam penuh,” katanya.
 
Rencananya naskah ujian nasional tersebut akan dilakukan pemilahan dan penghitungan ulang pada Kamis lusa. Selanjutnya langsung didistribusikan masing-masing kecamatan dan dititipkan di kantor polsek. 
 
Lanjut Kusprigianto, Ujian Nasional tingkat SMA, SMK dan sederajat akan dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 7 april mendatang. Sedangkan jumlah peserta UN di trenggalek sebanyak 7.301 siswa.
 
“Rinciannya untuk SMA 2478 siswa, MA 748, SMALB 3, Paket C 646, SMK 3426 siswa,” ujarnya. 
 
Pelaksanaan UN di Trenggalek hampir seluruhnya menggunakan sistem tertulis, sedangkan sekolah yang menyelenggarakan ujian secara online atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hanya diikuti oleh tiga sekolah, yakni SMK Negeri I Pogalan, SMK Negeri I Trenggalek dan SMK Islam I Durenan. (dim)