Pacitan – Anggota DPR RI asal Dapil VII Jawa Timur, Edhie Baskoro yudhoyono atau akrab disapa Ibas menaruh perhatian serius pada pengembangan potensi Batu Akik asal Pacitan yang kini banyak digemari para pecinta Batu Akik nusantara. Didampingi Bupati Pacitan, Drs. Indartato, Ibas saat meninjau pameran dan kontes Batu turut menyerahkan Piala Bergilir Edhie Baskoro Yudhoyono kepada para peserta Pameran dan Kontes Batu Akik Pacitan di Gedung Gasibu Kabupaten Pacitan, Sabtu, 11/7/2015. 

 

Sejauhmana keseriusan Ibas yang juga menjabat Ketua Fraksi FPD DPR RI ini dalam mendukung pengembangan usaha perajin batu akik Pacitan, berikut petikan wawancaranya : 

 

1. Mas Ibas sebagai wakil rakyat asal Pacitan sering Rawuh dan bersilaturahim dengan konstituen. Bisa dijelaskan Mas Ibas, tema kunjungan reses kali ini? Apa saja agenda yang menjadi prioritas kunjungan ke Pacitan?

 

Saya selalu merasa rindu berkunjung daan menikmati alam Pacitan sekaligus melihat perkembangan Pacitan dalam segala sektor. Dan alamdulillah sejauh pengamatan saya, Pacitan terus berkembang maju. 

 

Terus terang, reses kali ini sangat spesial karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Jadi silaturahim bersama masyarakat pun terasa lebih spesial. 

 

Saya sampaikan bahwa Pacitan memang selalu dekat dengan saya dan keluarga. Termasuk Trenggalek, Ponorogo, Magetan dan Ngawi yang saya wakilkan aspirasi masyarakatnya. 

 

Untuk itu, fokus saya dalam kunjungan kali ini dititikberatkan pada acara sosial keagamaan khususnya untuk berbagi bersama masyarakat. Namun demikian, agenda lain yang menjadi tugas sayaa di DPR RI adalah mensosialisasikan dasar-dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. Agenda lain yang tak kalah penting adalah meninjau potensi-potensi daerah termasuk potensi ekonomi kreatif para perajin batu akik. 

 

 

 

2. Mas Ibas termasuk tokoh muda yang memiliki atensi pada pembangunan sektor UKM dan ekonomi kreatif. Baru saja kita menyimak Mas Ibas mendorong kompetisi Batu Akik Pacitan terus bergulir. Bagaimana komentar Mas Ibas melihat kompetisi Batu Akik Pacitan ini?

 

Saya menyambut positif dan berharap ke depan event-event seperti ini terus digelar. Banyak cara untuk meningkatkan produktivitas pemanfaatan potensi daerah, salah satunya dengan hadirnya kompetisi seperti ini. Saya apresiasi inisiatif seperti ini bisa terus berlanjut.

 

Tentu sebagai wakil rakyat, kita terus mendorong sumber daya manusia, termasuk para perajin Batu Akik semakin trampil, terus berkarya dan tak lupa untuk menjaga dan meningkatkan kualitas produknya. Ini penting karena untuk menjaga nama baik batu aakik  asli Pacitan agar memiliki daya saing tinggi.

 

Pak SBY sebagai putra Pacitan terus mempromosikan kualitas dan keindahan batu akik Pacitan sehingga para penggemar batu akik di Indonesia sudah sangat familiar dengan batu jenis  Kalsedon, Agate, Jesper yang semuanya merupakan kualitas unggulan asal Pacitan. 

 

3. Apa harapan Mas Ibas melihat potensi Pacitan, khususnya dalam bidang ekonomi kreatif sesuai dengan bidang kerja Mas Ibas di Komisi 10 DPR RI?

 

Bicara potensi Pacitan menjadi topik menarik menurut saya. Mulai potensi di sektor wisata pantai, goa, potensi kuliner, potensi sektor UKM dan lain sebagainya. 

 

Khusus terkait Bidang Komisi 10 DPR RI, sangat relevan sekali kalo kita bicara soal potensi ekonomi kreatif di Pacitan. Salah satu contohnya ada di depan kita semua, potensi batu akik Pacitan yang sudah dikenal luas. 

 

Saya kira, ini menjadi momentum bagi masyarakat Pacitan untuk terus berkreasi, berinovasi dan meningkatkan kualitas agar semakin produktif dan dapat mengangkat kesejahteraan perekonomian keluarga. Di saat perekonomian kita sedang terkoreksi cenderung melambat akhir-akhir ini, daya beli masyarakat menurun, harga kebutuhan pokok melonjak naik menjelang lebaran, justru potensi Batu Akik yang sedang menjadi trend ini bisa menjadi salah satu penunjang ekonomi lokal. 

 

Tinggal bagaimana kita memanfaatkan dan meningkatkan promosi potensi agar ke depan semakin menggeliat. Harapan saya ke depan, seluruh potensi ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kemakmuran masyarakat Pacitan.