PONOROGO – Bertempat di balai Desa Prayungan, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Kamis (21/3) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Koordinator Kecamatan Sawoo melakukan show of force. Acara ditandai dengan pelaksanaan Rapat Koordinasi Kecamatan (Rakorcam) dipimpin langsung oleh Ketua PPDI Korcam Sawoo, Tudji SH.

Pada kesempatan tersebut, Tudji menghimbau kepada seluruh perangkat desa di Kecamatan Sawoo untuk segera bergabung dalam satu wadah yaitu PPDI. “Memang saat ini sudah 80 persen lebih perangkat desa di kecamatan Sawoo sudah menjadi anggota PPDI,” kata Tudji.

Menurutnya, PPDI adalah sebuah kekuatan besar dan merupakan ujung tombak pemerintahan terbawah. “Jadi kita harus bangga sebagai perangkat desa, walaupun nasibnya masih berada di bawah standart,” ucapnya. Dia juga berharap kepada perangkat desa untuk selalu kompak dan menjaga kebersamaan.

Senada dengan Tudji, Ketua PPDI Kabupaten Ponorogo Kasmani mengapresiasi positif kegiatan yang digelar oleh PPDI Korcam Sawoo. Terpenting lagi, menurut Kasmani adalah pemerintah harus ikut memperhatikan nasib para perangkat desa. “Kami semua (perangkat desa) adalah garda terdepan dalam pembangunan serta melayani masyarakat selama 24 jam, jadi sudah saatnya pemerintah memperhatikan lebih nasib perangkat desa ini,” kelakar Kasmani.

Sedangkan Camat Sawoo yang berhalangan hadir dan diwakili oleh Sekcam Sawoo, Sukarni mengucapkan selamat kepada perangkat desa se-kecamatan Sawoo karena saat ini sudah memiliki organisasi atau wadah yaitu PPDI. “Laksanakan hak dan kewajiban sebagai perangkat desa melalui kekompakkan dalam PPDI ini,” pinta Sukarni.

Dia juga berharap perangkat desa di Kecamatan Sawoo ikut menyukseskan semua Program Pemerintah Pusat, Pemrov Jawa Timur dan Program Pemkab Ponorogo.  Selain itu menjelang pelaksanaan Pilkades yang dilaksanakan serentak selama bulan April, Mei dan Juni ini, pihaknya berharap perangkat desa di Kecamatan Sawoo ikut menyukseskan. “Saatnya perangkat desa ikut mengamankan dan menyukseskan Pilkades tahun ini,” harapnya.

Usai acara juga dilaksanakan pengajian akbar sekaligus siraman rohani oleh Ustadz Aiptu H. Sudjarwo, S.Sos  yang juga Kanit Bin Polmas Polres Ponorogo. Dalam tausiyahnya, Ustadz Aiptu H. Sudjarwo, S.Sos berharap para perangkat desa di Kecamatan Sawoo untuk bisa membawa diri ditengah-tengah era globalisasi ini. “Jangan sampai berbuat yang merugikan masyarakat, karena perangkat desa adalah panutan,” ungkap Aiptu H. Sudjarwo, S.Sos.

Dia juga meminta kepada seluruh perangkat desa untuk selalu sabar serta tetap mengedepankan keimanan dan ketaqwaannya sehingga bertindak benar dan tidak melanggar aturan. “Lebih penting lagi, perangkat desa harus bisa mengikuti perkembangan zaman tetapi jangan terbawa arus negative kemajuan tekhnologi saat ini,” pesannya. Acara juga dihadiri oleh Muspika Sawoo dan Kepala UPTD se-Kecamatan Sawoo serta beberapa anggota DPRD Ponorogo. Much. Nurcholis