TRENGGALEK – Kaum milenial merupakan kaum kekinian yang haus akan informasi digital dan pengalaman. Demi mewadahi hal tersebut, Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang biasa disapa Ibas gelar Radio Talk Show yang bertajuk kepemudaan. Bertempat di Radio Yasmaga FM, Ibas ajak kaum milenial diskusikan peran serta pemuda dalam menghadapi tantangan dimasa depan, Jumat (30/11/18).

Mengambil tema “Peran Kaum milenial dalam mengembangkan potensi lokal”, Ibas libatkan generasi Milenial Trenggalek. Adapun pemateri diantaranya Rino Bagas, Rima, dan Nova.

Mewakili Griya Aspirasi EBY Trenggalek, Ketua Elang Biru EBY Trenggalek Rino Bagas ajak pemuda Milenial jangan sampai salah arah dalam memanfaatkan teknologi.

“Ada banyak sekali hal positif yang timbul pada generasi milenial ini, namun ada beberapa hal yang harus di hindari oleh mereka. Seperti halnya penyakit ketergantungan gadget yang bisa mematikan jiwa sosial pemuda saat ini,” cetus Owner Smart Jek Tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Nova Handani salah satu aktifis lingkungan asal Kecamatan Watulimo memberi wejangan generasi milenial untuk memegang teguh 5 pilar kepemudaan supaya generasi saat ini tidak kehilangan identitasnya sebagai pemuda pemerus bangsa Indonesia.

“Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus mengenal dan mengamalkan 5 pilar kepemudaan. Yang pertama pemuda harus bisa menjadi agen perubahan, pemuda harus ikut andil sebagai agen pembangunan, pemuda harus siap menjadi agen pembaharuan, menjadi pelopor pendidikan, serta pemuda harus memiliki semangat juang yang tunggi,” jelas aktifis sekaligus koordinator kelas Kejar Paket tersebut.

Masih menurut Nova Handani, menambahkan “bila kesemuanya sudah diterapkan, diyakini generasi milenial kedepannya akan mampu meningkatkan potensi lokal yang ada di daerahnya masing – masing,” tutup aktifis lingkungan tersebut. (Ganez Radisa)