Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak semua pihak, khususnya kedua kubu capres cawapres untuk menahan diri hingga KPU mengumumkan hasil resmi penghitungan suara. Presiden juga sudah mengambil langkah konkrit untuk mencegah terjadinya konflik, Presiden SBY telah menginstruksikan Kapolri dan Panglima TNI untuk mengamankan situasi pasca pemungutan suara. “Saya sudah menginstruksikan TNI/Polri bersama rakyat menjaga situasi yang aman. Sementara seperti apa hasil yang benar saat ini, disamping perhitungan cepat, tidak lagi perbedaan yang mendasar, KPU sendiri yang jadi rujukan utama,” ujar SBY di kediamannya kepada media di Cikeas, Bogor, Rabu (9/7/2014).

 

SBY juga berharap masyarakat Indonesia bisa tetap menjaga keamanan dan ketertiban. SBY juga meminta masyarakat sabar menunggu hasil pengumuman KPU. “Kepada rakyat Indonesia yang selama ini telah menunjukkan sikap dan perilaku politik yang baik sabar, berpartisipasi dengan tepat, yang juga dengan bersama menjaga keamanan dan ketertiban, kita harus ikut menjaga situasi yang aman dan tenteram di negeri tercinta,” kata SBY. “Saya berharap saudara kita yang menjadi benteng, agar sekali lagi ketika situasinya seperti ini, menahan diri agar tidak apapun yang kita inginkan bentrokan, kekerasan horisontal, ataupun tindakan-tindakan yang kita anggap menimbulkan gangguan kamtibmas,” lanjutnya. Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan bahwa sejumlah lembaga survei pasti akan mengumumkan hasil hitung cepat (quick count) Pilpres 2014 pada hari ini.

 

Karena itu, SBY berharap kepada semua pihak untuk menyikapi hasil hitung cepat Pilpres 2014 secara wajar. “Saya berharap agar dapat disikapi secara wajar, meskipun tentu ada yang bergembira dan bersedih tetapi marilah kita hormati hasil Pilpres ini,” ujar SBY usai menggunakan hak pilihnya di kawasan Tempat Pemungutan Suara (TPS) 06, Cikeas, Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Sehingga, kata dia, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjadi tugas semua pihak. Bukan hanya TNI dan Polri.

 

“Jangan hanya dibebankan kepada kepolisian dan TNI kita, meskipun sejak beberapa hari yang lalu, jajaran Polri dan TNI akan terus mengemban tugas dengan sebaik-baiknya, memastikan situasi dalam keadaan tetap aman dan tertib,” tuturnya. Dalam kesempatan itu, SBY mengajak semua masyarakat untuk memberikan dukungan kepada jajaran TNI dan Polri dalam mengemban tugas negara. Berbagai Sumber