PONOROGO – Ribuan warga Nahdliyin yang tersebar di 21 Kecamatan yang ada di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur boleh berbangga hati. Pasalnya sebentar lagi, warga Nahdlatul Ulama di Bumi Reyog itu akan bisa memperoleh pelayanan pendidikan tinggi yang berbasis Ahlussunnah wal Jamaah akan segera terwujud.
     Bahkan pendirian Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Ponorogo sudah hampir selesai dan saat ini merampungkan evaluasi di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). “Alhamdulillah izin sudah masuk di BAN PT untuk akreditasi 10 prodi (program studi) yang diajukan. Semoga awal bulan Agustus 2016 izin sudah keluar,” ujar Murdianto An-Nawie dari Bidang Pendidikan dan sumber daya manusia (SDM) PCNU Ponorogo, kemarin.
     Dia menjelaskan jika izin dari Dikti dan BAN PT sudah keluar, maka UNU Ponorogo akan segera diluncurkan serta memulai proses penerimaan mahasiswa baru. “Kami targetkan bulan depan Insyaallah UNU Ponorogo sudah bisa launching. Setelah itu baru rekrutmen dan pendaftaran mahasiswa baru,” papar Wakil Rektor I INSURI Ponorogo ini.
     Saat ini UNU Ponorogo sudah mempersiapkan berbagai fasilitas pendukung proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). “Hingga saat ini kami mempersiapkan pendirian kampus NU tersebut antara lain berupa gedung 16 lokal, 3 unit laboratorium dan tanah seluas 11.000 meter persegi yang akan ditempati,” paparnya. (mnc)