Trenggalek – Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan SMK tidak hanya diikuti oleh peserta dari sekolah umum, ratusan siswa dari program pendidikan setara SMA atau Paket C di Trenggalek juga mengikuti UN serentak, beberapa peserta berasal dari kalangan adalah PNS.

Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Trenggalek, Ujian Nasional Paket C diikuti oleh 19 peserta. Para siswa yang mengikuti ujian ini tampak berbeda dengan siswa sekolah SMA pada umumnya, karena rata-rata berusia diatas 20 tahun.

Meskipun usianya tidak muda lagi, para peserta UN tersebut tampak semangat dalam mengikuti jalannya ujian, dengan serius meraka mengerjakan soal demi soal yang diujikan.

Menurut panitia ujian, Mohammad Muhtar, pada ujian kali ini terdapat dua siswa bolos, satu siswa memilih merantau ke luar pulai, sedangkan satu siswa lain memilih menekuni pekerjaan baru.

“Mereka sudah diingatkan oleh teman-temannya untuk menylesaikan pendidikan dulu, tapi tetap tidak mau,” katany.

Yang menarik, dari belasan peserta ujian, terdapat beberapa peserta yang telah berusia diatas empat puluh tahun, salah satunya sujani, Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dinas Pendidikan Trenggalek tersebut ini nekat mengikuti Ujian Nasional demi mendapatkan ijasah pendidikan setara SMA

“Rencananya ijasah tersebut akan digunakan untuk syarat kenaikan pangkat,” ujar Muhtar.

Ujian Nasional Paket C di Kabupaten Trenggalek diikuti oleh 646 peserta, pelaksanaan ujian dilaksanakan serentak dengan UN tingkat SMA, SMK maupun Madrasah Aliyah.