PACITAN- Ribuan PNS di Kabupaten Pacitan belum bisa menikmati rapelan kenaikan gaji pada Bulan April nanti. Pasalnya, dasar aturan terkait pembayaran kenaikan gaji tersebut tak kunjung turun. Wiharyanto, Front Office (FO) Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pacitan mengatakan, penyesuaian kenaikan gaji pokok PNS berikut rapelannya, memang belum bisa dibayarkan bersamaan dengan pembayaran gaji Bulan April. Menurutnya, petunjuk pelaksanaan serta petunjuk tehnisnya belum ada. “Kita baru bisa membayar setelah ada dasar aturannya. Sementara sampai saat ini, aturan itu belum ada,” ujarnya, Rabu (27/3).

Wiharyanto menjelaskan, juknis dan juklak pembayaran kenaikan gaji dari Dirjend Perbendaharaan kemungkinan turun sekitar awal April nanti. Sehingga rapelan dan penyesuaian kenaikan gaji baru bisa terealisasi bersamaan dengan pembayaran gaji bulan Mei. “Persoalan ini sudah seringkali kami koordinasikan dengan pusat. Memang aturannya belum ada,” tegasnya, kemarin.

Pernyataan senada juga disampaikan Ayub Setya Budi, Kabid Akuntansi, Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset (DPPKA) Pacitan. Menurut Ayub, sebelum ada dasar aturannya, Pemkab tidak bisa merealisasikan rapelan kenaikan gaji. Sekalipun, lanjut dia, daftar isian penggunaan anggaran (DIPA) kenaikan gaji sudah ada. “Kita sudah antisipasi dengan hal tersebut (kenaikan gaji). Hanya saja, realisasi pembayarannya masih menunggu aturan,” ujarnya, melalui hubungan telepon. (Yuniardi SUtondo)