Ponorogo – Setelah beberapa pekan sebelumnya meluncurkan program SARJITU – GASS 2012 (Gerakan Aksi Sambung Segera) yang mengutamakan kecepatan pelayanan penyambungan dengan slogan “Anda Bayar, 5 Hari Listrik tersambung”. Kini PLN meluncurkan program BUNG SIGAP yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan disisi integritas pelayanan publik.

Komtimen PLN untuk terus meningkatkan layanan kepada masyarakat kembali dibuktikan dengan peluncuran BUNG SIGAP (nyamBUNG Singkat Gak ada suAP). Yakni layanan penyambungan listrik yang prosesnya cepat dan bersih dari suap. Launching program ini dilaksanakan dalam Apel persiapan petugas BUNG SIGAP yang digelar Selasa (8/5).

 

Secara simbolis peluncuran program ini resmi dibuka dengan menerbangkan balon udara oleh menager PLN area Ponorogo, Sustiyohadi, SE, MM. 

Dalam sambutannya, Sustiyohadi menjelaskan bahwa Ponorogo mengawali program BUNG SIGAP ini. Yang rencananya akan dilaksanakan di Jawa Timur hingga Bali. Program ini akan disosialisasikan terlebih dahulu di seluruh rayon se-area Ponorogo. “Progam ini baru dijalankan di area Ponorogo yang rencananya akan dilaksanakan di Jawa Timur serta Bali nantinya,” terang Sustiyohadi kepada Sinergis.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan sepeda motor dan mobil layanan. Setiap rayon dibekali dua regu sepeda motor dan satu regu mobil pick-up. Serah terima dilakukan kepada manajer rayon se-area Ponorogo. Yaitu rayon Ponorogo, Balong Pacitan serta Trenggalek.

Adanya program ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan secara langsung melalui petugas BUNG SIGAP. Petugas ini akan melakukan penyambungan yang dikendalikan langsung oleh PLN sehingga diharapkan secara kualitas maupun integritas dapat memberikan pelayanan terbaik. Pengawasan langsung ini dilakukan dalam rangka proses penyambungan yang lama terkesan lambat sehingga memunculkan kesan pelayanan penyambungan listrik sulit, berbelit dan tidak pasti. Dengan adanya bung sigap diharapkan pengendalian petugas pelayanan PLN menjadi lebih baik sehingga dapat mewujudkan transparasi, keadilan dan kepastian layanan.

“Banyak pihak yg tidak tahu menahu soal PLN yang mengatasnamakan PLN yang memberikan info yang gak jelas, tidak pas tentang PLN. Dengan adanya program ini kita pihak PLN bisa menyampaikan langsung BUNG SIGAP kepada masyarakat, memberikan edukasi tentang pelayanan PLN lewat pemasaran keliling. Serta memastikan secara langsung dari pelosok daerah secara efektif dan efisien,” pungkasnya.

 

Muh Nurchlois