Magetan- Puluhan Korban Longsor di Kelurahan Sarangan berhasil di evakuasi oleh petugas kesehatan Magetan. Korban berhasil di evakuasi  berkat kesigapan petugas kesehatan yang datang ke lokasi bencana dengan tepat waktu. Peristiwa yang terjadi pada Sabtu siang pukul 14.45 wib di timur telaga Sarangan ini dapat segera diketahui dan tertangani oleh  Tim Kesehatan dikarenakan kesigapan dalam memberikan informasi dari aparat kepolisian yang bisa diterima secara langsung oleh Petugas Kesehatan Setempat.

Peristiwa Longsor yang terjadi di Sarangan tersebut adalah salah satu rangkaian latihan simulasi lapangan yang di adakan oleh dinas Kesehatan magetan. Pelatihan tanggap darurat dengan tema BCTLS( Basic Cardial and trauma Live Support) ini berlangsung selama 3 hari, hari rabu sampai sabtu() dilapangan Hotel Merah 2 Sarangan.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan Kecekatan dalam suasana darurat, baik yang terjadi di Rumah sakit maupun di Luar rumah sakit, seperti kejadian bencana alam, dan di sekitar lingkungan masing- masing. Menurut Dokter hari Sukamto, Pelatihan ini berisi kegiatan, diantaranya penanganan di TKP( tempat kejadian perkara), evakuasi korban, Sterilisasi area TKP dan rujukan.

“ sesuai tujuan dari pemerintah dalam Meningkatkan pelayanan utama masyarakat, kegiatan semacam ini diperlukan untuk lebih mempersiapkan diri, terutama tim medis ketika ada kejadian- kejadian diluar perkiraan kita” jelas dokter hari.

Pelatihan tersebut di ikuti oleh perwakilan petugas kesehatan Rumah sakit umum daerah negeri maupun swasta,  petugas Kesehatan tingkat Kecamatan( Puskesmas) dan dari Dinas Kesehatan Magetan, Dengan menghadirkan Tim EMS( emergency Medical Training and service) 119 dari jakarta.

Menurut Panitia pelatihan, Dwi nunun Pratiwi, rencananya, pelatihan BLTLS ini akan diadakan tiap tahun dengan peserta bergantian dari seluruh komponen Kesehatan Magetan.

“Karena magetan adalah salah satu daerah  rawan akan terjadinya Bencana seperti Banjir dan longsor, rencananya akan kita adakan tiap tahun kegiatan seperti ini, dengan peserta  bergantian dari unsur kesehatan dan keselamatan di Magetan” tambahnya. Maksum