PONOROGO – Merebaknya kabar bangkitnya ajaran komunis akhir-akhir membuat khawatir banyak pihak. Elemen Masyarakat Kabupaten Ponorogo, Jatim dari kalangan petani pun ikut berbicara terkait beredar kabar akan merebaknya ajaran paham komunis.  

 

     Disela-sela sekolah lapangan pertanian terpadu para anggota Kelompok Tani Bancaran, Dukuh Duwet, Desa Bancar, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo mengaku khawatir akan bangkitnya paham ajaran komunis. “Kami sangat khawatir jika paham komunis ini akan bangkit lagi,” ujar Cholis selaku Sekretaris Kelompok Tani Bancaran, Jumat (6/5).

    

     Pihaknya berharap agar semua pihak mewaspadai gerakan yang merongrong keutuhan NKRI. “Paham komunis tidak pantas dibiarkan hidup dan berkembang lagi di Bumi pertiwi ini,” tambahnya.

 

     Lebih lanjut, dia berharap kepada Pemerintah RI untuk kembali menghidupkan pelajaran Pendidikan Moral Pancasila atau PMP di semua tingkatan sekolah. “Kalau perlu kegiatan Penataran P4 atau Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila dihidupkan lagi kepada semua lapisan masyarakat,” paparnya.

 

     Secara jelas dia memaparkan jika keberadaan ajaran komunis merupakan bahaya laten yang harus dibasmi di Indonesia. “Generasi muda kita harus diberi pemahaman agar tetap mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sehingga hal ini bisa mencegah bangkitnya paham komunis,” ungkapnya. (mnc)