Magetan- Komunitas Organik Magetan semakin menunjukkan eksistensinya sebagai pelopor perubahan dalam pertanian menuju pola tanam Organik, hal tersebut terlihat saat Komunitas Organik Magetan mengadakan pertemuan rutin bulanan di Rumah Sutoyo, Jl raya Gubernur Suryo Magetan. Mereka yang datang dalam pertemuan tersebut kebanyakan anggota baru yang ingin bergabung dalam Komunitas petani organik tersebut.

Menurut Panut, Ketua Petani Organik Magetan, dengan semakin banyaknya petani yang bergabung untuk ikut dalam Komunitas petani Organik ini, menunjukkan jika para petani Magetan banyak yang mulai ingin merubah pola tanam dalam pertaniannya, dari yang semula mengandalkan pupuk kimia ingin beralih ke pola organik.

“ Mereka yang baru bergabung sebenarnya juga teman- teman kelompok tani kita juga, namun baru sekarang ingin berkabung,dari 15 ketua petani organikdi tingkat kecamatan, mereka mengatakan banyak di wilayahnya yang ingin ikut kegiatan organic tersebut ” terang Panut.

Agenda dari pertemuan yang rencananya diadakan tiap bulan oleh petani orgnik Magetan ini, bertujuan untuk saling memberikan Informasi dan tukar pendapat mengenai pertanian. Toyo, selaku Pembina Petani Organik Magetan mengatakan, pertemuan seperti ini sangat penting diadakan, karena untuk mengatahui perkembangan para pataninya, mengenai bagaimana kondisi lahan pertaniannya, kendala yang dihadapi, hasil Panen yang dicapai, hingga pemasarannya.

“ Pertemuan rutin ini bertujuan untuk memberikan berbagai informasi terkait Pertanian, Khususnya mengenai Organik , untuk mengetahui perkembangan para anggota, berbagai persoalan yang dihadapi, sampai pada pemasaran pasca Panen” terangnya.(12/5/13)
 Seperti diketahui, Komunitas Petani Organik Magetan terbentuk atas Prakarsa Griya Aspirasi EBY Magetan yang melihat adanya potensi besar di Magetan untuk pengembangan pertanian pola organik, melalui kelompok tani dan pembinaan dari Agro tech Mandiri Binaan Sutoyo, yang berkecimpung dalam usaha Organik, akhirnya Komunitas Petani Organik Magetan mulai terbentuk dan langsung mendapat sambutan baik oleh para petani. Sebelumnya para patani organik tersebut juga Pernah mendapatkan bantuan Drum Composser( Media Pembuatan Pupuk cair Organik) dari Mas Ibas( Edhie baskoro Yudhoyono) Anggota DPR RI waktu Itu. Bantuan Tersebut sejumlah 12 drum Composer dan diberikan kepada 12 Kelompok Petani Organik. Maksum