Ponorogo – Luar biasa SMP Negeri  1 Jeti, Kabupaten Ponorogo yang selalu  bertabur dengan berbagai prestasi. Pasalnya, sekolah ini didukung perpustakaan yang memadai dan berkualitas. Bahkan, perpus milik SMP yang dipimpin Hj. Nunuk Sri Murni Karyati, M.Pd itu lolos maju di tingkat Propinsi mengalahkan sejumlah perpus di tingkat Bakorwil Madiun.

Suwarti, S.Pd selaku pengelola, mengaku awalnya perpusnya harus bersaing dengan SMP lainya di Ponorogo dan bakorwil. “Dan alhamdulillah kami menang di Bakorwil dan akhirnya maju di tingkat propinsi,” ungkap Suwarti kepada www.edhiebaskoro.com, Kamis (30/5) . Lebih jelas ia menyebutkan, sebagai wadah jendela dunia, perpusnya memiliki keunggulan yang tidak dimiliki sekolah lain. Dimana disamping perpus yang luas juga didukung pengelolaan ruangan yang rapi. “Mulai penataan buku dan pengelompokannya, ada ruang baca, ruang diskusi, dan sarana internet lengkap serta ruang audio visual,” katanya.    

Hal itu didukung pula dengan program perpus yang mampu mendorong siswa rajin ke perpus. Luluk Azizah, A.Md selaku pustakawan menyebutkan, ia selalu menambah buku bacaan setiap semester agar tidak monoton. “Jadi kami up to date,” katanya. Selain itu, untuk menarik anak disediakan pula novel karya viksi. “Kita juga punya program resume setiap Jumat dan Sabtu untuk bacaan yang disukai anak-anak,” tandasnya.

Sementara itu, Hj. Nunuk Sri Murni Karyati, M.Pd mengaku sekolanya memang menyediakan fasilitas perpustakaan yang memadai. Sebab, menurutnya, Perpus merupakan nafasnya sekolah. “Perpus itu jantungnya sekolah. Jika ingin pintar maka sekolah harus memfasilitasi anak dengan buku bacaan yang mendukung belajar,” tegasnya.  Apalagi, kata dia, disini disedikan berbagai fasilitas yang lengkap. “Yang jelas kami bertugas melayani anak-anak. Terutama buku sebagai nyawanya sekolah itu sangat penting,” pungkasnya. (MUH NURCHOLIS)