Jakarta – Anggota Komisi 10 DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono atau akrab disapa Ibas mengajak semua pihak yang cinta dengan Batik Indonesia untuk terus melestarikan dan mengambangkan kesenian batik nasional. Demikian disampaikan Ibas menyambut perayaan batik nasional Indonesia. “Ini Batikku, Mana Batikmu? Selamat Hari Batik Nasional. Mari kita terus lestarikan,” jelas Ibas di Jakarta, Jumat, 2/10/2015.
Setiap tanggal 2 Oktober Indonesia memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.
Ibas yang juga Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR RI ini mendorong pelestarian nilai-nilai seni dan budaya batik Indonesia dapat masuk dalam pelajaran di sekolah-sekolah, kampus termasuk terus masuk menjadi agenda sosialisasi pelestarian batik di tengah-tengah masyarakat.
“Kita harus bangga dan cinta dengan batik. Kita harap, semakin banyak pelajaran-pelajaran yang masuk ke komunitas sekolah, kampus, dan komunitas pecinta batik yang tujuannya untuk menjaga kelestarian batik Indonesia terus menjadi bagian dari masyarakat,” terang wakil rakyat asal Dapil VII Jatim ini.
Ibas juga memotivasi para perajin batik di daerah-daerah yang sampai kini menjadikan batik sebagai penopang perekonomian keluarga agar terus produktif dan terus mengembangkan produksi batik dalam negeri. “Khusus untuk para perajin batik di daerah-daerah, teruslah produktif dan semakin berinovasi dengan beragam ide kreatif yang dimiliki. Batik akan terus menjadi identitas nasional yang menjadi kebanggaan kita bersama,” terang politisi yang gemar mengoleksi batik ini.