PONOROGO – Secercah harapan masyarakat di Bumi Reog Ponorogo agar pengembangan destinasi wisata yang ada saat ini bisa terangkat dan terwujud bisa direalisasikan. Hal itu tercermin dari rangkaian serap aspirasi yang dilakukan oleh Legislator Partai Demokrat di DPR RI yang berangkat dari Dapil Jatim VII, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas.
Dalam serap aspirasi Kamis kemarin, Ibas banyak mendapat keluhan dari masyarakat Ponorogo terkait pengembangan wisata alam. Seperti saat bertatap muka di wilayah Desa Temon ,  Kecamatan Ngrayun, Ibas melalui Staf Ahli, Bonggas Adi Candra mendapat aspirasi dari warga. Lukman Wakidi, mewakili masyarakat berharap kepada Ibas untuk ikut memajukan wisata alam Ngrayun.
“Kami berharap kepada Mas Ibas agar ikut memikirkan sekaligus memperjuangkan destinasi wisata alam di Kabupaten Ponorogo, khususnya yang ada di Kecamatan Ngrayun,” ungkap Lukman Wakidi yang juga Sekcam Ngrayun ini. 
Lebih lanjut, dia menjelaskan kalau di Wilayah Kecamatan Ngrayun ada 20 lokasi wisata Air Terjun yang belum tergarap. “Pengembangan Wisata di wilayah kami terkendala berbagai hal, mulai infrastruktur jalan yang buruk hingga kurangnya anggaran,” tambahnya.
Lukman juga meminta kepada Ibas untuk pro aktif mengawal program kepariwisataan  dari pusat. “Kami yakin dan percaya kepada Mas Ibas mampu melakukan yang terbaik bagi kami,” ungkapnya.
Menurutnya, Kecamatan Ngrayun saat ini bisa diibaratkan bagai “Serigala Sedang Tidur”. Lebih detail ia berharap kalau Ngrayun bersama-sama dimajukan. Saat ini pihaknya mulai mengajak generasi muda dan masyarakat melakukan gerakan sadar wisata Ngrayun. “Alhmdulilah anak muda dan masyarakat Ngrayun mendukung pengembangan wisata yang masih perawan ini,” imbuhnya.
Ungkapan senada juga disampaikan Suwoto selaku Kades Temon, Kecamatan Sawoo yang memaparkan jika di Desanya ada 3 wisata alam unggulan. “Semuanya belum digarap, sehingga kami pasrah agar Mas Ibas membantu pengembangannya,” harap Suwoto dihadapan Tim EBY, Pimpinan DPRD Ponorogo serta Muspika Sawoo dan masyarakat.
Menanggapi hal itu Ibas melalui Tim EBY berjanji akan ikut mengawal beberapa program pusat di sektor wisata. “Kebetulan saat ini komisi Mas Ibas berada di Komisi X yang salah satunya berada di sektor pariwisata,” jelas Bonggas Adi Candra. Dia berharap doa restu dan dukungan masyarakat Ponorogo agar niat baik masyarakat bersama Mas Ibas bisa terkabul. (MUH NURCHOLIS)