Trenggalek- Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur berupaya keras untuk ikut serta dalam mengatasi kebutuhan energi nasional. 

Bupati Trenggalek, Mulyadi Wr melalui Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sugeng Widodo mengatakan, kerja keras itu diwujudkan dengan pemberian dukungan terhadap pihak swasta yang ingin membangun pembangkit listrik tenaga mikro hydro, seperti yang akan dilakukan PT Judo Alam Tirta.
Menurutnya, program pemanfaatan sumber energi tersebut layak diapresiasi, mengingat wilayah Trenggalek memiliki potensi aliran sungai yang cukup besar namun belum tergarap secara maksimal.
“Selain itu, hal ini juga bisa membantu warga kita dalam penyediaan sumber energi terutama listrik di daerah-daerah terpencil,” kata Sugeng. 30/5 
Sebelumnya, PT Judo Alam Tirta berencana membangun pembangkit listrik tenaga air di wilayah Kecamatan Dongko dan Panggul. Pembangunan pembangikit listrik ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan listrik PLN Rayon Trenggalek, serta mengurangi resiko gangguan maupun pemadaman bergilir di kawasan pegunungan itu.
Energi listrik yang dihasilkan akan disuplay ke jaringan PT PLN, sehingga beban yang harus ditanggung gardu indduk PLN yang ada di Trenggalek dapat berkurang .
Seperti diketahui, pemadaman listrik kerap kali terjadi di Kecamatan Panggul, Dongko dan Munjungan, hal itu akibat dari akibat adanya gangguan jaringan. PT Judo berharap dengan pembangunan pembangikit baru itu, dapat meminimalisir potensi gangguan listrik di Trenggalek. 
Perusahaan yang bergerak dibidang energi kelistrikan ini juga berjanji akan membantu masyarakat desa terpencil dengan memanfaatkan sumber-sumber energi alternatif sebagai penghasil listrik. (Dimas)