Pacitan – Pemerintah Kabupaten Pacitan telah menyiapkan program khusus untuk rumah tangga sangat miskin dengan nama gerakan terpadu menyejahterakan masyarakat Pacitan (Grindulu Mapan). Bagi keluarga yang benar-benar tidak mampu pemerintah daerah telah menyiapkan anggaran senilai lebih dari Rp.900 juta yang diambilkan dari pos APBD. Dana tersebut diperuntukan untuk mengganti biaya membeli raskin.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Sosial Budaya Badan Perencanaan Pembangunan daerah (Bappeda) dan Penanaman Modal Kardoyo, pemerintah daerah telah melakukan pendataan sekaligus validasi data PPLS untuk memisahkan data keluarga yang hanya miskin dan benar-benar miskin. Sesuai dengan hasil pendataan PPLS 2008, jumlah rumah tangga miskin sasaran di Pacitan sebanyak 44 ribu kepala keluarga (KK). 

Namun dari jumlah itu, terdata sekitar 6.609 keluarga yang benar-benar miskin. Bahkan, hanya sekedar untuk membeli beras miskin (Raskin) bantuan dari pemerintah mereka tidak mampu.Padahal beras tersebut telah disubsidi pemerintah dengan hanya mengganti sebesar Rp.1.600 dari Rp.6.600 per kilogram. Selain perangkat desa, pendataan keluarga miskin program Grindulu mapan ini juga melibatkan lembaga swadaya masyarakat (LSM). 

(Korda pacitan)