Ngawi-Itensitas hujan yang cukup tinggi mengakibatkan beberapa minggu terakhir ini, wilayah rawan bencana dilanda kekawatiran. Usai diterjang banjir bandang beberapa pekan lalu, warga sekitar lokasi wisata Watu Jonggol yang terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi dikejutkan dengan adanya bentukan semacam sungai baru selebar 8 meter dilokasi bekas longsoran. Harto, warga setempat berujar bahwa kejadian ini lebih dimungkinkan akibat tanah ambles lantaran erosi.

“Pas kejadianya itu kondisi disekitar lokasi sini cuaca terang tidak hujan. Tetapi kondisi diatas Gunung Lawu sana terlihat memang awan tebal dan mungkin terjadi hujan yang menyebabkan banjir kebawah,” terang dia.
Tambahnya, fenomena alam dampak dari kerusakan ekosistem yang diatasnya itu menjadikan tontonan warga baik lokal maupun luar daerah.
Rata-rata dari pengakuan pengunjung banjir bandang yang berjarak 1kilometer dari Watu Jonggol itu tidak lepas dari rusaknya hutan yang berada di gunung Lawu.
“Saya kira alam diatasnya sudah rusak akibat tangan manusia. Kalau ini dibiarkan boleh jadi lokasi seperti ini akan bertambah dan itu sangat membahayakan warga,” pungkasnya.
ARD