Cikeas – Upaya pembenahan internal Partai Demokrat dimulai dengan mengembalikan  jati diri dan moral politik partai. Hal ini disampaikan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono dalam keterangan pers di Puri Cikeas, Bogor, Minggu, 10/02, malam.

“Kami memiliki keyakinan dengan apa yang kami lakukan ini untuk utamakan penataan dan penertiban dan konsolidasi partai dan belum bicarakan Pemilu 2014, Insya Allah Partai Demokrat akan kembali ke moral politik dan jati dirinya, setelah itu mari kita berpikir bagi rakyat kita melalui pemilu mendatang,” kata Presiden Yudhoyono. 
Yudhoyono mengatakan sebagai salah satu upaya mengembalikan jati diri partai dan moral politik partai maka terhitung sejak 10 Februari 2013 diberlakukan pakta integritas yang harus disetujui dan ditandatangani oleh semua kader partai.
“Setiap copy (pakta integritas-red) yang ditandatangani Ketua DPD akan saya tandatangani berarti menerima dan mengetahui dalam kapasitas sebagai ketua dewan kehormatan,” tegasnya.
Pertemuan yang berlangsung Minggu malam di kediaman pribadi Yudhoyono tersebut dihadiri oleh seluruh anggota Majelis Tinggi dan juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat.
Pertemuan ini merupakan lanjutan dari upaya perbaikan internal partai yang diawali dengan sidang Majelis Tinggi Partai pada Jumat (8/2) lalu.
“Baru saja dilangsungkan pertemuan antara Majelis Tinggi Partai Demokrat dengan Ketua DPD Demokrat se-Indonesia yang juga dihadiri para menteri (dari Partai Demokrat -red), ketua fraksi demokrat DPR dan wakil ketua komisi pengawas, pertemuan hari ini kelanjutan sidang majelis tinggi, 8 Februari lalu,” kata Yudhoyono.
“Ini langkah lanjutan dan akan terus bergerak ke depan untuk melaksanakan penataan penertiban dan konsolidasi Partai Demokrat,” ujarnya. dvd/antara