PACITAN-Ada yang berbeda dari giat reses Anggota Komisi X DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas panggilan akrabnya. Berkunjung ke SMAN 1 Pacitan Jawa Timur selain serap aspirasi, Ibas juga sekaligus napak tilas perjalanan masa SMA ayahanda tercintanya presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kamis (15/11/2018) SMAN 1 Pacitan jawa Timur.
 
Dalam sambutannya, Ibas juga mengungkapkan kebijakan pro rakyat dalam bidang pendidikan yang fenomenal dimasa SBY menjadi presiden.” Ingat program BOS (bantuan operasional sekolah,red) Pemerintah SBY berhasil menerapkan sekolah gratis pada 2005 untuk SD dan SMP. Kemudian memperluas penerapan sekolah gratis hingga SMA pada tahun ajaran 2012/2013 dan kemudian secara efektif diberlakukan pada tahun ajaran 2013/2014, kalau saat ini ada Program Indonesia Pintar (PIP),” papar dia.
 
Sebagai Wakil rakyat yang dipercaya mewakili Pacitan, Putra Bungsu SBY ini juga berkomitmen akan terus memperjuangkan aspirasi dengan serius mengawal program pemerintah agar sampai ke tangan yang tepat, ribuan program berbasis pendidikan dikawal melalui PIP.” Sebanyak 34.561 Siswa Pacitan sudah menikmati pendidikan gratis dari pengawalan program EBY, semoga masyarakat berkenan,” tutur Ibas.
 
 
Ibas berharap, pengawalan program yang ia persembahkan untuk kampung halamannya itu bisa dirasakan hingga ke pelosok Pacitan. “Banyak program yang serius saya kawal, saya berharap pendidikan bisa dirasakan semua masyarakat sehingga ke pelosok Pacitan sebagai bentuk rasa sayang saya kepada kampung halaman saya, tempat kelahiran ayahanda tercinta bapak SBY,” tandasnya.
Terlihat sahabat masa SMA SBY hadir diacara tersebut, Ibas menuturkan begitu bangga memiliki seorang ayah seperti bapak SBY . “Disini saya melihat sahabat masa SMA Bapak SBY yang menjadi saksi hidup perjalanan ayahanda saya, mendengar kisah masa muda ayah saya, wajar saja pak SBY dicintai oleh rakyat Indonesia hingga bisa memimpin Indonesia 10 tahun lamanya,” ucap dia.
 
Kepala SMAN 1 Pacitan Sugiyanto menuturkan, SBY sebagai putra kebanggaan Pacitan, merupakan seorang tokoh panutan yang inspiratif, sebagai putra dari SBY, Ibas juga tak pernah setengah-setengah dalam mengawal program ke Kabupaten Pacitan.” Kami bangga dengan pak SBY, beliau adalah panutan, inspirator bagi warga Pacitan, karena pak SBY kami menajdi punya harapan untuk maju, mas Ibas juga sebagai wakil rakyat yang kami andalkan untuk membawa suara kami ke DPR RI sangat amanah, dia tidak pernah setengah-setengah dalam menagwal program,” tutupnya.