PONOROGO – Berbagai ide dan cara dilakukan oleh Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Ponorogo, Miseri Efendi dalam memperkokoh keberadaan dan eksistensi Partai Demokrat di Bumi Reyog. Selain itu sosok Miseri juga rajin mensosialisasikan berbagai Program Pro Rakyat yang dilaksanakan Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

 

Seperti terlihat, Minggu (17/6) silam, Miseri Efendi melakukan pertemuan khusus dengan beberapa Kepala Desa di Ponorogo bersama Tim Griya Aspirasi Edhie Baskoro Yudhoyono Koordinator Kabupaten Ponorogo.

 

Pada kesempatan tersebut, beberapa Kepala Desa menyampaikan saran, kritik dan uneg-uneg terkait Program Pro Rakyat dan eksistensi Partai Demokrat di tingkat bawah (DPAC dan DPRt).

Seperti diungkapkan oleh Suwanto, SH selaku Kepala Desa Pudak Wetan, Kecamatan Pudak yang berharap adanya sentuhan Program Pro Rakyat dalam bidang infrastruktur. 

 

“Memang sudah banyak program Pro Rakyat dari pemerintah pusat di luar bidang infrastruktur,” aku Suwanto. Oleh karenanya, ia bersyukur dengan adanya kabar akan direalisasikannya Program pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) TA 2012 untuk Desa Pudak Wetan. “Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Pudak Wetan mendukung dan melaksanakan PPIP tahun ini,” kata Suwanto.

 

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa sudah banyak program yang diperjuangkan Miseri Efendi selaku wakil rakyat dari Dapil III Ponorogo (Kecamatan Pudak, Ngebel, Sooko, Pulung dan Sawoo). Pihaknya juga menyarankan adanya penataan kepengurusan PD di tingkat DPRt (Ranting) dan DPAC (PAC), khususnya Kecamatan Pudak. “Jangan terkesan vakum,” kritiknya.

 

Senada dengan Suwanto, Sugijanto, S.Sos selaku Kepala Desa Pohijo kecamatan Sampung juga mengkritisi ‘Mandul’nya kepengurusan DPRt dan DPAC PD Kecamatan Sampung. Sugijanto juga berjanji akan menjaga rencana diturunkannya PPIP TA 2012 untuk Desa Pohijo. “Ini adalah program yang sangat menyentuh masyarakat dan perlu dilanjutkan,” harap Sugijanto yang diamini Kepala Desa Watubonang, Bowo Susetyo.

 

Kritik senada terkait lemahnya kepemimpinan pengurus PD di level paling bawah juga dilontarkan oleh Kepala Desa Sekaran, Kecamatan Siman, Minim Subarno. “Hal ini perlu segera ditata kembali demi kejayaan panji-panji Demokrat,” saran Minim Subarno.

 

Menanggapi beberapa saran dan kritikan tersebut, Miseri berjanji akan segera membenahi dan konsulidasi ke semua jajaran PD pada semua level. “Terima kasih atas semua saran dan masukan dari teman-teman Kepala Desa yang telah peduli dengan Partai Demokrat. Dan hal ini menunjukkan adanya kedekatan para Kades dengan Demokrat, ini yang harus terus dibangun untuk melanjutkan kepemimpinan PemerintahanPro Rakyat,” papar Miseri.

 

Lebih lanjut, Miseri mengaku akan segera mengagendakan penyegaran pengurus di DPAC dan DPRt setelah ada Pelantikan Pengurus DPC PD Kabupaten Ponorogo Masa Bakti 2012-2017. “Ini semua dilakukan untuk kebesaran Partai Demokrat,” tambahnya.

 

Dia juga berharap kepada para Kepala Desa yang hadir untuk ikut mendukung dan membesarkan Partai Demokrat di Bumi Reyog dengan sepenuh hati. “Dukungan para Kades adalah untuk berkelanjutannya berbagai Program Pro Rakyat saat ini serta berlanjutnya PemerintahanPro Rakyat,” jlentrehnya.

 

Menyinggung Program PPIP TA 2012 yang akan segera digulirkan beberapa saat lagi, Miseri berharap kepada para Kepala Desa dan masyarakatnya menjaga dengan sebaik-baiknya. “Lebih utama lagi kedepan para Kepala Desa dan Masyarakat ada komitmen untuk melanjutkan kepemimpinan pemerintahan  Pro Rakyat ini demi rakyat dan bangsa,” tukasnya. 


(MUH NURCHOLIS)