MAGETAN- Petani Melon Desa Jabung, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan berhasil membuat inovasi berupa melon berbentuk kotak. Inovasi tersebut telah membuat kelompok tani yang bernama Sumber Tani ini terpilih oleh PT Petrokimia Gresik untuk ikut serta dalam pameran di Jakarta pada tahun 2011. ”Kami didampingi oleh Petrokimia Gresik dan diikutsertakan dalam pameran di Jakarta Convention Center. Banyak sekali yang tertarik dengan melon karya kami” terang Sutrisno, salah satu Petani Melon Desa Jabung, (24/6).

 

Kehadiran buah melon unik di pameran tersebut sempat membuat seorang warga negara Meksiko dan Malaysia tertarik untuk memesan melon karya petani Jabung tersebut. Uniknya lagi, melon kotak tersebut dapat dibubuhi tekstur yang menyerupai logo. Seperti buah melon dengan tekstur kulit luarnya yang dibubuhi logo Pemkab Magetan hasil karya Sarbun dan Sutrisno.

Kelompok tani Sumber Tani desa Jabung, kecamatan Panekan ini berada di bawah binaan CV Agrotech Mandiri yang bekerjasama dengan Tim Griya Aspirasi Edhie Baskoro Yudhoyono Kabupaten Magetan. Suatu kali, Tim Griya Aspirasi EBY Magetan pernah berkunjung ke lokasi pertanian melon unik tersebut. Agus Suparyitno (Koordinator Tim Griya Aspirasi EBY Magetan) mencoba membuat melon kotak berlogo EBY sebanyak 20 buah.

 

Melon unik EBY tersebut dapat dipanen dalam waktu 60-70 hari. Tim Griya Aspirasi EBY Magetan akan segera mengirimkan melon unik EBY tersebut ke Jakarta untuk diberikan kepada Mas Ibas, sapaan akrab Edhie Baskoro Yudhoyono. ”Kami coba buat melon dengan logo EBY, mudah-mudahan jadi, karena untuk membuat melon kotak tersebut harus berhati-hati, terutama pada bagian media plat untuk membentuknya. Jika platnya terlalu kecil, maka melon tersebut akan rusak” papar Agus. (Maksum)