PONOROGO – Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah untuk mengajak masyarakat selalu hidup sehat. Salah satunya dilakukan oleh Puskesmas Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jatim dengan mengadakan sosialisasi keliling 19 desa yang ada di Kecamatan Bungkal.
 
     Seperti terlihat, Jumat (20/5) beberapa petugas Puskesmas Kecamatan Bungkal mengadakan sosialisasi tentang Penyakit Tidak Menular (PTM) di balai Desa Bancar. Acara dihadiri Kepala Desa dan Perangkat Desa Bancar, tokoh masyarakat, tokoh agama dan Tim Penggerak PKK Desa Bancar.
 
    Pada kesempatan itu Dokter Prijo Oetomo mengajak masyarakat Desa Bancar untuk selalu hidup sehat. “Tujuan diadakan sosialisasi PTM ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan dini masyrakat terhadap faktor risiko PTM melalui pemberdayaan serta peran serta masyarakat dalam deteksi dini, pemantauan faktor risiko PTM dan tindaklanjut dini,” kata Dokter Prijo Oetomo.
 
 .    Dia juga mengajak masyarakat untuk selalu berperilaku sehat kapan dan dimana saja. “Penyakit tidak menular bisa kita hindari sejak dini dengan pola hidup sehat dan menghindari perilaku negatif, seperti merokok, diet, alkohol, stres dan lainya,” tambahnya.
 
    Kepala Desa Bancar, Pamuji menyambut baik sosialisasi yang diadakan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Bungkal tersebut. “Masyarakat butuh pencerahan tentang hidup sehat,” ujar Pamuji. (mnc)