PONOROGO,

Banyaknya bencana alam yang terjadi di KabupatenPonorogo, Jawa Timur  dalam beberapawaktu ini  membuat berbagai pihakprihatin. Langkah sigap dan nyata ditunjukkan oleh salah satu Anggota DPR RIdari Dapil Jawa Timur VII, Edhie Baskoro Yudhoyono  (EBY) terhadap para korban bencana alambanjir dan tanah longsor di Bumi Reyog tersebut.

 

Terbukti pada Jum’at  (24/2) lalu Ibas panggilan akrab Edhie BaskoroYudhoyono melalui Tim EBY Koordinator kabupaten (Korkab) Ponorogo menyerahkanratusan paket sembako kepada korban banjir dan tanah longsor yang terjadi diKecamatan Ngrayun, Slahung, Bungkal dan Ngrayun.

 

Bantuan diserahkan langsung oleh Herry Purnomo selakuKetua Tim EBY Korkab Ponorogo secara doorto door kepada para korban. “Ini sebagai wujud kepedulian Mas Ibas terhadapmasyarakat yang terkena bencana alam di kabupaten Ponorogo,” ujar Herry Purnomokepada Sinergis.

 

Dia menjelaskan bantuan secara door to door agar tepat sasaran. “Langkah ini lebih untukmendekatkan diri kepada masyarakat sekaligus menunjukkan kepedulian kepadawarga yang mengalami musibah, seperti yang terjadi di Kabupaten Ponorogo,”terangnya.

 

Dia berharap bantuan sembako tersebut bisadimanfaatkan sebaik-baiknya. “Jangan dinilai isinya tetapi ini semuanyamerupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat,” bebernya.

Sementara itu Mbah Jaitun Melok, seorang wargapenerima bantuan asal Dukuh Krajan, Desa Mojopitu, Kecamatan Slahung mengakubersyukur dengan bantuan tersebut karena rumahnya ludes diterjang air bah.

 

 “Nembe niki wonten pihak ingkang peduli,mugi-mugi Mas Ibas lancar sedhayanipun (Baru kali ini ada yang peduli,semoga Mas Ibas lancar dalam segala hal ke depan),” tutur Mbah Jaitun si nenekrenta ini.

Hal senada juga disampaikan Camat Ngrayun, BambangWijayanto saat menemani Tim EBY Korkab Ponorogo membagi sembako kepadawarganya. “Mas Ibas adalah orang pertama yang peduli terhadap bencana diNgrayun,” salutnya. Selain itu ia berharap ada pihak lain yang lebih pedulikarena saat ini Kecamatan Ngrayun selalu disibukkan dengan bencana tanahlongsor.

 

Sementara itu Kepala Desa Bancar, Kecamatan Bungkalberharap ada pihak yang peduli dengan banyaknya tanggul yang jebol di DesaBancar. “Mudah-mudahan ada pihak yang peduli lagi selain Mas Ibas,” harapnya.

 

Sedangkan Kepala Desa Bedikulon, Lukmanul Hakimberharap Pemkab Ponorogo mengadakan pengerukan dan pelebaran sungai yangdangkal. “Sehingga arus air sungai lancar dan bencana banjir bisadiminimalisir,” harap Mantan TKI Korea ini.

 

(MUH NURCHOLIS)