Surabaya: Prof Dr Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan 5 agenda dan 10 rekomendasi Partai Demokrat dalam pidato politik pertamanya sebagai  Ketua Umum PD 2015-2020 dan Pernyataan Politik PD di Ballroom, Hotel Shangri-La, Surabaya, Rabu (13/5) malam.

 

Lima  Agenda utama PD disampaikan lebih dulu.

Berikut 5 agenda utama PD dalam kurun waktu lima tahun (2015-2020) kepemimpinan SBY:

  1. Modernisasi Partai Demokrat, meliputi: infrastruktur baik fisik maupun sistem dan teknologi informasi; kultur, termasuk pembinaan internal dan prilaku kader; kaderisasi, termasuk regenerasi dan peningkatan kapasitas.
  2. Peningkatan kepemimpinan dan manajemen, mencakup pendidikan dan pelatihan bagi kader Partai Demokrat, atau leadership, 3-8 minggu, dengan sasaran 5 ribu kader utama, baik pusat maupun daerah selama 5 tahun. Dan peningkatan manajemen pusat dan daerah agar Partai Demokrat benar-benar menjadi partai modern
  3. Peningkatan pengabdian kepada rakyat. Untuk rakyat, Partai Demokrat peduli dan beri solusi. Peningkatan pengabdian kepada rakyat akan dilaksanakan melalui kader di jajaran eksekutif, di lembaga legislatif, di jajaran struktur mulai dari pusat sampai daerah dan melalui kader Partai Demokrat melalui perseorangan.
  4. Penyuksesan pilkada, meliputi pemilihan calon terbaik yang berintegritas, kapasitas, elektabilitas. Mengutamakan kader. Menjalankan pilkada langsung dengan perbaikan sesuai dengan Perppu Presiden SBY yang kini telah menjadi Undang-undang tentang pilkada langsung dengan perbaikan-perbaikan yang mendasar.
  5. Penyuksesan Pemilu 2019. Sasaran Partai Demokrat adalah berjaya kembali dalam Pemilu 2019 dengan tetap melaksanakan politik yang cerdas dan beretika. Bukan politik yang buruk. Dan Partai Demokrat siap berkompetisi secara sehat dan ksatria.

Pidato politik  Ketua Umum PD SBY menandai berakhirnya seluruh rangkaian acara kongres IV Partai Demokrat.

 

Sebelumnya, SK penetapan SBY sebagai Ketum PD 2015-2020 dibacakan dalam acara penutupan itu. Seorang Pimpinan Sidang Kongres IV PD,Muhammad Zainul Majdi, membacakan SK no 10 /Kongres IV/PD/V/2015 yang menetapkan Prof Dr Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Ketua Umum terpilih Partai Demokrat periode 2015-2020.  SK dibacakan di hadapan SBY dan ribuan kader.  SK tersebut ditetapkan di Surabaya, Selasa, 12 Mei 2015, ditandatangani tujuh pimpinan sidang yakni EE Mangindaan, Agus Hermanto, Syarief Hasan, Edhie Baskoro Yudhoyono, Amir Syamsuddin, Roby M. Nauw, Hasan Basri Agus, dan Muhammad Zainul Majdi.

 

“Memutuskan, menetapkan Professor Dr Susilo Bambang Yudhoyono sebagai ketua umum terpilih Partai Demokrat,” Zainul Majdi menegaskan.

 

Kongres IV PD juga memberikan mandat pada SBY untuk membentuk formatur.

Tepuk tangan riuh ribuan  kader PD pun menggema di ruangan usai SK dibacakan.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan panji-panji. Pimpinan sidang Kongres IV PD EE Mangindaan menyerahkan panji Partai Demokrat ke SBY yang kemudian dikibarkan SBY dengan semangat. Kader pun bertepuk tangan dengan meriah.

 

Hadir dalam penutupan Kongres IV Partai Demokrat Ibu Ani Yudhoyono, serta ribuan kader, anggota, dan simpatisan Partai Demokrat.