PONOROGO – Bertempat di Lapangan Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jatim, Menteri Sosial RI, Hj. Khofifah Indar Parawansa melakukan launching kampung siaga Putra Katong dan penutupan pelatihan siaga bencana dan penanganan bencana  BPBD Kabupaten Ponorogo bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Ponorogo yang dihadiri sekitar 200 orang.

 

     Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Sosial Hj. Kofifah Indar Parawansa, Dirjen penanganan korban bencana kementrian sosial  Hari Iman, Bupati Ponorogo  Drs. H. Ipong Muklisoni beserta Istri, Komandan Kodim 0802/Ponorogo Letkol Inf Slamet Sarjianto, S.E beserta Istri, Kapolres Ponorogo AKBP. Harun Yuni Aprin, S.H, S.I.K beserta istri dan Kadinsos Kabupaten Ponorogo, Sumani.
 
     Pesera pelatihan penanganan bencana terdiri dari Tim SAR dari BPBD Kab. Ponorogo, Relawan dan organisasi kemasyarakatan Tanggab bencana Kab Ponorogo, PKH Kab Ponorogo, Anggota RAPI (Radio Antar  Penduduk Indonesia) Ponorogo, TRC dan relawan Kesehatan Kabupaten Ponorogo.
 
     Menteri Sosial RI dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada para relawan yang tergabung dalam Kampung Siaga Bencana Putra Katong Ponorogo yang telah siap bekerja mengabdikan diri dalam bidang sosial masyarakat khususnya tanggab siaga bencana. “Kegiatan tersebut bukan semata mata kita mengharap akan datangnya bencana namun kewaspadaan harus kita persiapkan, karena negara kita terletak di garis khatulistiwa rawan akan terjadinya bencana alam,” ujar Menteri Sosial RI.
 
     Dalam giat tersebut dilaksanakan pemberian bantuan terhadap perwakilan ahli waris korban bencana berupa santunan uang masing-masing Rp 15 juta, serta bantuan mobil operasional bagi Dinas Sosial Kabupaten Ponorogo dalam penanganan korban bencana diwilayah Kab Ponorogo. Kegiatan launcing kampung tanggap bencana Kabupaten Ponorogo berakhir pada pukul 18.00 WIB dan selanjutnya Mensos RI beserta rombongan meninggalkan lokasi. (mnc)