Trenggalek- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur memastikan seluruh partai politik telah menyerahkan berkas perbaikan bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pemilihan Umum 2014.

Komisioner KPU Trenggalek, Budi Mukaryanto, Rabu mengatakan, dari 12 parpol, 11 diantaranya menyerahkan berkas perbaikan  pada hari terakhir. Sedangkan satu partai menyerahkan berkas sehari sebelum berakhirnya masa perbaikan.

“Untuk partai yang menyerahkan perbaikan bacalegnya tadi paling akhir adalah partai Hanura, sekitar pukul 15.50 WIB, dari batas akhir penyerahan pukul 16.00 WIB,” katanya.

Pada masa perbaikan kali ini, KPU hanya berkewajiban menerima berkas serta melakukan pemeriksaan “ceklist” dari masing-masing pengurus partai politik peserta pemilu, apabila masih ada yang belum lengkap diberikan kesempatan untuk memperbaiki hingga pukul 24.00 WIB.

“Setelah itu, tidak bisa lagi melakukan perbaikan, karena sudah diluar jadwal yang ditetapkan. Makanya tadi ada beberapa  persyaratan yang kurang kami minta untuk segera melengkapi hari ini juga,” imbuhnya. 22/5

Dari pemeriksaan sementara terhadap berkas yang masuk, beberapa partai politik diketahui sengaja mengurangi bacalegnya. Diantaranya adalah PKPI, dari semula 21 bacaleg menjadi 16 orang serta Partai Demokrat dari 45 menjadi 43 bacaleg.

Budi mengaku tidak mengetahui alasan pengurangan calon yang diajukan, mengingat hal itu merupakan kewenangan dari masing-masing partai politik.

“Kami tidak tahu persis, bisa saja karena kuota perempuannya kurang 30 persen sehingga mengurangi bacalegnya. Atau mungkin karena berkas yang tidak kunjung dilengkapi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, setelah menerima berkas perbaikan dari seluruh partai, KPU akan segera melakukan verifikasi dokumen yang tersebut sampai dengan tanggal 23-29 Mei.

Pihaknya akan memeriksa secara rinci satu persatu persyaratan yang telah ditentukan. Apabila dari pemeriksaan itu diketahui tidak memenuhi syarakat, maka KPU bisa melakukan pencoretan dari daftar bacaleg. 

“Khusus untuk kepala desa aktif yang hendak maju sebagai calon legislator maupun anggota dewan aktif  yang pindah partai, diberikan waktu hingga 1 Agustus untuk melengkapi surat keputusan (SK) pemberhentian dari instansi yang berwenang,” imbunnya.

Namun apabila SK pemberhentian belum keluar, masing-masing bakal calon diwajibkan menyerahkan surat keterangan dari pimpinan, bahwa pemberhentian masih dalam proses.

Sementara itu salah satu pengurus DPC Partai Demokrat Trenggalek, Linggo mengatakan, partainya baru bisa menyerahkan berkas perbaikan pada hari terakhir, karena menunggu kelengkapan persyaratan dari masing-masing bakal calon.

“Tapi alhamdulillah seluruh berkas tadi sudah lengkap sesuai ‘ceklist’ KPU, beberapa dokumen yang kurang sudah kami lengkapi,” ujarnya.

Disinggung mengenai berkurangnya bakal calon legislatif di partainya, Linggo mengaku hal itu terjadi akibat calon yang bersangkutan tidak melengkapi persyaratan hingga batas waktu yang ditentukan.

“Karena tidak bisa melengkapi akhirnya kami terpaksa mencoretnya,” pungkasnya. Dimas