JAKARTAKongres Luar Biasa Partai Demokrat di Hotel Inna Beach, Denpasar, Sabtu (30/3/2013). Pukul 14.30 di Ruang Agung, KLB dibuka oleh Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas. Selain Ibas, sejumlah pengurus teras Partai Demokrat juga hadir, yakni Max Sopacua, EE Mangindaan, Saan Mustopa, Nurhayati Ali Assegaf, dan Umar Arsal.

 

Dalam sambutannya Ibas mengatakan KLB diselenggarakan di Bali karena ada dua alasan. Pertama, suasana Bali yang tenang dan damai. Dan yang kedua, Bali memberikan kenangan tersendiri bagi Partai Demokrat, karena disinilah Partai Demokrat pertama kali melakukan Kongres Pertamanya. “Kongres yang amat bersejarah karena pada Kongres pertama tersebut semua kader bersatu, utuh, sangat bersemangat dan bekerja keras dalam memenangkan Partai Demokrat. Dan hasilnya alhamdulilah kita berhasil memenangkan lagi Pemilu 2009 baik di level legislatif maupun Pemilihan Presiden.”, Ibas mengatakan.

 

Seperti yang diketahui dewasa ini seluruh kader Partai Demokrat  tengah berada dalam suasana batin yang penuh keprihatinan sekaligus penuh tantangan. Elektablitas Partai Demokrat semakin menurun dan terus terkoreksi dari berbagai survei yang dilakukan. Menanggapi hal itu Ibas memberikan semangat kepada seluruh kader “Partai Demokrat harus bangkit dan menunjukkan kembali kejayaan partai yang sudah perna kita raih. Jangan berkecil  hati karena kita sudah tunjukkan kejayaan partai kita selama dua periode pemerintahan. Kita akan memenuhi kembali harapan masyarakat dan jutaan kader di tanah air”. Karena menurutnya ada agenda dibalik ini semua yang bertujuan agar masyarakat tidak lagi memilih Partai Demokrat.

 

Untuk memberikan pesan moral kepada para Kader, Ibas membubuhkan sedikit pepatah Jawa dalam kata sambutannya “Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Keseluruhan semboyan ini memberi makna yang mendalam untuk kita semua kader Partai Demokrat, bahwa: Yang di depan seyogyanya memberi contoh, Yang di tengah memberi semangat, Dan yang di belakang memberikan daya kekuatan.”

 

Marilah kita satukan tekad dan membangun kembali komitmen kebersamaan memajuhkan Partai Demokrat yang kita cintai bersama. Saya ingatkan, Semua Perjalanan besar selalu diawali dengan satu langkah ke depan.” Tutup Ibas.

 

KLB Partai Demokrat resmi dibuka ditandai dengan pemukulan Gong oleh Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono. (Yd)